7 Makanan yang Dikira Baik untuk Sarapan Pagi, Faktanya Justru Berbahaya, Ini Penyebabnya

Ilustrasi sarapan
Ilustrasi sarapan-Pexels-Pixabay

JAKARTA — Sarapan makanan merupakan hal penting yang telah menjadi kegiatan rutin di pagi hari. Namun, tahukah kamu kalau tujuh makanan ini justru dilarang dimakan di waktu pagi? Simak terus…

Sarapan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, untuk memberi energi saat akan memulai aktivitas sehari-hari. Dengan begitu, tubuh akan lebih berstamina dan bersemangat menjalani hari.

Bacaan Lainnya

Kendati demikian, tidak semua makanan ideal untuk sarapan. lho. Mungkin kamu sering menjadikan pancake, sereal, ataupun roti panggang sebagai menu sarapan, ya. Namun faktanya, menurut penelitian, makanan-makanan tersebut justru sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi pada pagi hari karena dapat menyebabkan masalah pada tubuh.

Dirangkum dari laman Eat This dan Healthline, berikut 7 makanan yang harus dihindari saat sarapan. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Sereal Manis

Sereal menjadi menu andalan sebagian orang untuk sarapan karena cara penyajian yang praktis.

Namun perlu diketahui, mayoritas sereal manis memiliki kandungan gula yang tinggi, serta rendah serat. Akibatnya, mengonsumsi sereal manis saat sarapan justru akan memengaruhi sistem kerja hormon insulin penurun gula darah.

Bahkan, menurut laporan pada 2011 yang dilakukan oleh Environmental Working Group (EWG), 1 cangkir porsi sereal kerap mengandung lebih banyak gula daripada 3 kue chocolate chips.

Kandungan gula yang tinggi dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kondisi kesehatan kronis lainnya.

Selain itu, mengonsumsi sereal manis untuk sarapan juga mengakibatkan perut cepat lapar kembali.

2. Roti Panggang Margarin

Roti panggang margarin menjadi menu sarapan nikmat yang digemari banyak orang. Namun ternyata, ini bukanlah pilihan yang baik. Roti merupakan makanan tinggi karbohidrat dan rendah serat sehingga membuat kadar gula dapat meningkat cepat dan membuat efek kenyang sementara.

Dengan begitu, hidangan ini tidak memiliki cukup bekal untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Ditambah dengan margarin yang mengandung lemak trans, dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL).

3. Pancake

Pancake menjadi pilihan populer untuk sarapan, yang digemari berbagai kalangan.

Hidangan yang terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan susu ini biasa disajikan dengan sirup maple ataupun taburan gula halus di atasnya. Dengan demikian, pancake memiliki kandungan kalori, lemak, dan gula yang lebih tinggi.

Jadi, sebaiknya hindari makanan ini untuk dikonsumi saat sarapan jika tidak ingin memiliki masalah berat badan bertambah, sampai penyakit berbahaya mengintai tubuh.

4. Sosis

Sosis merupakan makanan olahan daging populer, yang kerap disantap bersama telur saat sarapan. Namun, menurut juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Roxana Ehsani, mengatakan, sosis kaya natrium sehingga meningkatkan tekanan darah.

5. Yogurt

Kerap dicap sebagai makanan sehat, ternyata yogurt gak baik untuk dikonsumsi saat sarapan, lho. Meskipun sumber protein dan probiotik yang baik, namun beberapa jenis yogurt mengandung gula tambahan cukup tinggi.

Hal inilah yang menjadikannya sebagai pilihan kurang sehat ketika dikonsumsi saat sarapan setiap hari. Lebih dari itu, beberapa jenis yogurt juga telah menghilangkan sebagian besar atau semua kandungan lemaknya.

6. Minuman Kopi dengan Tambahan Rasa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.