Simak Penyebab Asam Urat, Hindari Jenis-Jenis Makanan ini

asam urat / YouTube @Nova_Veronika
asam urat / YouTube @Nova_Veronika

JAKARTAPenyebab asam urat merupakan senyawa oganik yang dihasilkan dari pemecahan purin dalam tubuh. Purin sendiri adalah zat alami yang ditemukan pada makanan tertentu dan juga diproduksi tubuh.

Ketika tubuh memecah purin salah satu hasilnya yaitu asam urat. Asam urat biasanya dibuang dalam tubuh melalui urin, kondisi tinggi ini disebut juga hiperurisemia unri.

Bacaan Lainnya

Terlalu banyak asam urat di tubuh, kristal atau monosodium urat akan menumpuk di persendian cairan dan jaringan tubuh. Rentan kadar asam urat dalam darah pada pria 2,4 – 7,2 mg/dl dan wanita 2,4-6 mg/dl. Namun rentan kadar normal ini tergantung pada laboratorium yang melakukan pengukuran.

Jika terdapat peningkatan kadar asam urat yang lebih makan dokter akan merekomendasikan pengobatan atau perubahan gaya hidup. Dikutip dari kanal YouTube @Nova_Veronika (11/5), menjelaskan bahwa terdapat 4 stadium asam urat.

Tanpa gejala atau asimtomatik, kadar asam urat dalam darah sudah tinggi namun tidak memiliki gejala apapun. Serangan asam urat akut, pada stadium ini terjadi serangan akut nyeri pada persendian terutama di pergelangan kaki dan jari kaki.

Keluhan ini berkembang beberapa jam atau hari. biasanya beberapa kasus terjadi serangan demam, sakit kepala dan rasa kelelahan. Asam urat interkritikal, pasien mengalami masa tanpa gejala setelah serangan akut berakhir.

Serangan bervariasi mulai dari beberapa minggu hingga tahun, terjadi penumpukan Kristal asam urat di persendian dan organ tubuh lainnya. Stadium asam urat kronis, kondisi good yang berkepanjangan jika tidak segera ditangani dapat menimbulkan tophus atau tophi, yaitu deposit Kristal asam urat yang dapat menyebabkan peradangan, pembengkakan dan struktur tulang seperti benjolan pada persendian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *