Ini 5 Manfaat Minum teh Hangat Setiap Pagi, Bisa Cegah Kanker ?

Manfaat Minum teh Hangat Rutin
Manfaat Minum teh Hangat Rutin Setiap Hari---Pixabay

JAKARTAMinum teh adalah salah satu terbaik yang bisa Anda lakukan di setiap pagi harinya. Bahkan lebih dari itu, penelitian telah membuktikan bahwa teh membawa manfaat kesehatan yang luar biasa.

Sebenarnya apa sih manfaat minum teh setiap hari? Mengapa Anda harus mengadopsi kebiasaan meminumnya di pagi hari, sore hari, atau bahkan sebelum tidur?

Bacaan Lainnya

Dilansir dari laman cupitol, berikut 5 manfaat minum teh hangat di pagi hari.

1. MENAMBAH TINGKAT ENERGI ANDA

Minum kopi dan teh adalah cara yang bagus untuk menyegarkan indra Anda di pagi hari. Dorongan energi itu berasal dari kandungan kafeinnya, yang merupakan stimulan alami.

Kafein merangsang otak Anda dengan memblokir neurotransmitter yang disebut adenosin. Ini kemudian mengarah pada peningkatan neurotransmiter lain, seperti dopamin, di dalam tubuh.

Pada akhirnya, proses ini meningkatkan penembakan neuron di sistem Anda. Dengan cara inilah kafein menyebabkan peningkatan tingkat energi Anda.

2. PENINGKATAN ENERGI TANPA GANGGUAN

Memang, kopi telah terbukti memiliki aktivitas antioksidan yang lebih kuat daripada teh. Namun, ia juga memiliki kandungan kafein yang jauh lebih tinggi daripada teh.

Itulah mengapa Anda tidak dapat mengandalkan kopi saja untuk dosis harian antioksidan dalam minuman Anda. Minum kopi sepenuhnya, dan itu bisa memicu kegugupan Anda dan membuat Anda gelisah.

Padahal teh memiliki lebih sedikit kafein, tetapi masih memiliki banyak antioksidan.

Misalnya, secangkir teh hitam hanya memiliki sekitar 25 hingga 48 mg stimulan. Secangkir teh hijau seduh 8 ons mengandung sekitar 25 hingga 29 mg kafein.

Konon, kafein dalam teh masih cukup untuk memberi Anda dorongan energi. Tetapi tidak seperti kopi, kopi tidak mengandung terlalu banyak kafein yang dapat mengacaukan kadar adrenalin Anda. Artinya, Anda bisa menyesapnya sepanjang hari tanpa khawatir akan kegelisahan kafein.

3. CARA YANG LEZAT UNTUK MENGHILANGKAN STRES

Anda tahu bagaimana di film ketika seseorang merasa stres atau menangis, seseorang menawarkan secangkir teh? Nah, ada ilmu di baliknya, dan bukan hanya aroma tanaman yang dapat membantu menurunkan tingkat stres.

Teh mengandung asam amino yang disebut L-theanine yang memiliki efek menenangkan dan menenangkan pikiran. Satu studi menemukan bahwa teh hitam membantu menurunkan kadar kortisol pada pasien stres sebanyak 47 persen.

Plus, teh tidak menyebabkan kantuk karena mengandung kafein. Jadi, jika Anda ingin menurunkan tingkat stres sambil tetap waspada, minumlah secangkir teh. Tindakan pembuatan teh itu sendiri sudah bisa menjadi terapi.

4. MENINGKATKAN FUNGSI OTAK

Minum teh hijau di pagi hari, atau teh lainnya dalam hal ini dapat membantu Anda menjadi lebih pintar. Manfaat luar biasa ini berasal dari campuran L-theanine dan kafein dalam teh.

Pos terkait