Bersepeda Jadi Tren di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

  • Whatsapp
AKB : Sejumlah masyarakat saat bersepeda di Lapang Merdeka

SUKABUMI — Mengisi waktu luang di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), nampaknya bersepeda menjadi primadona untuk berolahraga. Hal tersebut terlihat dari mulai banyaknya masyarakat yang bersepeda, termasuk di Sukabumi.

Di kawasan Lapang Merdeka salah satunya, saat pagi mudah ditemui masyarakat yang sedang bersepeda. Sepeda memang menjadi alternatif olahraga yang digemari saat ini karena dinilai lebih mudah dan menyenangkan. Bersepeda pun dijadikan pilihan terbaik dibandingkan hanya diam di rumah saja. Sejalan dengan tanggapan Rizki Ahmad (18), masyarakat Sukabumi saat diwawancara setelah selesai bersepeda di Lapang Merdeka. “Daripada banyak (berdiam diri) di rumah mending bersepeda,” kata dia.

Bacaan Lainnya

Menurutnya bersepeda dianggap lebih mudah apabila ingin berolahraga ke tempat yang jauh dibanding lari atau jogging. “Kalau misalkan jogging kayak gitu kan lumayan (capek), tapi kalau pakai sepeda, mau ke tempat yang jauh enak,” ujar Rizki.

Selain bisa menghemat waktu dan tenaga, sepeda juga mudah untuk dibawa kemana saja seperti jenis sepeda lipat. Bahkan menurut Ketua Komunitas Sepeda Watjana Sukabumi, Asep Didi, dengan bersepeda, seseorang bisa menghemat pengeluaran juga sekaligus meningkatkan kesehatan.

“Dengan masifnya penggunaan sepeda, semakin banyak pula yang bersepeda ke kantor. Tentu saja ini menghemat pengeluaran dan meningkatkan kesehatan,” kata Asep.

Dalam masa AKB ini, Komunitas Sepeda Watjana sendiri dalam melakukan kegiatannya selalu mengutamakan protokol kesehatan seperti memakai masker dan tetap berjaga jarak. Hanya saja harus ada penyesuaian ketika harus bersepeda sambil memakai masker.

“Perlu diatur intensitas kecepatan gowesnya untuk mengatur napas agar tidak sesak saat menggunakan masker. Sementara penggunaan face shield saja tidak dianjurkan dikarenakan masih ada celah untuk droplet,” jelas Asep.

Bersepeda memang memiliki dampak positif bagi tubuh namun pada masa AKB saat ini, masyarakat perlu mengutamakan protokol kesehatan sebelum melakukan berbagai aktivitas. Selain itu, masyarakat pun perlu menggunakan alat pelindung diri lainnya seperti helm sebelum bersepeda, serta menggunakan pencahayaan jika bersepeda di malam hari.(pkl20/pkl21)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *