Duh! Cabai Merah, Pembeli Entah Ke Mana

Pedagang cabai di PSM Palabuhanratu
Pedagang cabai di PSM Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMI – Harga komoditas cabai di Pasar Semi Modern (PSM) Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi selama satu pekan berangsur-angsur turun per kilogramnya. Penurunan harga mencapai Rp5 ribu per kilogram.

Dari rilis daftar harga yang diterima Radar Sukabumi, harga komoditas cabai yang mengalami penurunan yaitu cabai merah keriting dari Rp40 ribu per kg menjadi Rp35 ribu per kg.

Bacaan Lainnya

“Ya, harga cabai merah keriting turun Rp5 ribu per kg dari Rp40 ribu menjadi Rp35 ribu per kg. Sedangkan harga cabai merah besar masih seperti minggu lalu Rp40 ribu per kg,” ujar pencatat harga PSM Palabuhanratu, Maulana kepada Radar Sukabumi, Kamis (21/10).

Selain itu, sambung Maulana, penurunan harga juga terjadi pada komoditas cabai rawit hijau, dari Rp30 ribu per kg menjadi Rp25 ribu per kg. Untuk cabai rawit merah masih Rp40 ribu per kg.

Menurut Maulana, harga komoditas cabai merah dan cabao rawit itu masih terbilang belum stabil dari harga biasanya. Sebab, setiap tahun pada musim nikah dan Maulid Nabi Muhammad SAW sejumlah harga mengalami kenaikan harga.

“Sebetulnya masih dalam kapasitas tinggi, karena kan faktor musim nikah dan maulid nabi pasti harga pada naik. Jadi jangan heran setiap tahun ada kenaikan, tetapi kami juga pantau setiap hari,” paparnya.

Adapun untuk harga kebutuh pokok penting (bapokting) di PSM Palabuhanratu saat ini, tambah Maulana, masih terbilang stabil selama satu pekan ini. Namun di sisi lain, kondisi pasar saat ini sepi dan dikeluhkan oleh para pedagang selama pandemi Covid-19.

“Sekarang mah sepi pengunjungnya juga, para pedagang menjerit. Bahkan jumlah pengunjung diperkirakan berkurang hingga 50 persen. Kami juga terus mengingatkan pengunjung maupun pedagang untuk menerapkan prokes covid -19, karena masih dalam pandemi,” tandasnya. (ris/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *