Cegah Terjerumus Investasi Bodong, Ketua DK LPS: Pemahaman Literasi Keuangan Ditingkatkan

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)
Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa saat memberikan materi acara Workshop Media Se-Jawa Barat, di Bandung, Jumat (3/6). Foto:Ikbal/radarsukabumi

BANDUNG— Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa meminta masyarakat untuk mengetahui pentingnya literasi keuangan atau pemahaman masyarakat tentang jasa keuangan. Sehingga masyarakat tidak akan tertipu dengan investasi bodong.

““Akses ke jasa keuangan besar, tetapi literasi keuangan belum begitu bagus, oleh karenanya masih banyak masyarakat yang tertipu investasi bodong,” ujar Purbaya saat saat menghadiri acara Workshop Media Se-Jawa Barat, di Bandung, Jumat (3/6)

Bacaan Lainnya

Untuk itu, Purbaya mengajak insan media untuk terus menyebarluaskan informasi tentang pentingnya literasi keuangan. Agar masyarakat lebih memahami tentang pengetahuan keuangan.

” Memang Literasi Keuangan di mata masyarakat belum cukup bagus.Jadi kami minta insan media untuk membantu agar masyarakat bisa lebih memahami hal tersebut,” katanya.

Menurut data OJK, kata Purbaya inklusi keuangan seperti jasa atau pelayanan keuangan membaik dibanding sebelumnya, semisal secara nasional inklusi keuangan sudah mencapai 76 persen, tetapi literasi keuangan hanya 36 persen.

“Apa yang kita hadapi saat ini adalah inklusi keuangan tinggi, namun literasi keuangan masih perlu ditingkatkan. Janganlah bosan untuk mengedukasi masyarakat mengenai literasi keuangan,” ujarnya.

” Mungkin bagi sebagian orang diedukasi sekali langsung memahami, tetapi bagi yang lainnya belum tentu langsung paham dan itu harus dilaksanakan secara simultan. Dengan meningkatnya literasi keuangan, pada akhirnya dapat membantu daya tahan ekonomi kita juga,” pungkasnya. (Bal)

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)
Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa saat memberikan materi acara Workshop Media Se-Jawa Barat, di Bandung, Jumat (3/6). Foto:Ikbal/radarsukabumi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *