Cabai Jablai Tembus Rp90 Ribu, Cabe Rawit Merah Rp70 Ribu

net ILUSTRASI: Harga cabai saat ini masih cukup tinggi di sejumlah kota.

SUKABUMI — Harga komuditas cabai merah disejumlah pasar Kabupaten Sukabumi, mengalami kenaikan. Misalnya saja, di Pasar Palabuhanratu dan Pasar Cibadak.

Dari informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, di Pasar Palabuhanratu harga cabai rawit merah naik dari Rp50 ribu per kilogram menjadi Rp70 ribu per kilogram.

Bacaan Lainnya

Sementara, di Pasar Cibadak harga cabai jablai dari Rp30 ribu menjadi Rp90 ribu perkilogram.

“Harga komoditas cabai rawit merah saat ini mengalami kenaik,” kata Koordinator Unit Pasar Palabuhanratu Asep Setiawan, belum lama ini.

Menurutnya, selain cabai rawit merah komoditas lainnya yang harganya melambung yaitu cabai merah besar yang mencapai Rp70 ribu per kilogramnya.

Sementara cabai merah keriting harganya Rp60 ribu per kilogram dan cabai rawit hijau Rp25 ribu per kilogram. “Harga bawang putih pun masih tinggi Rp 30 ribu perkilogram. Harga bawang merah turun dari Rp 35 ribu per kilogram menjadi Rp 25 ribu per kilogram,” ucapnya.

Lebih Lanjut Asep, saat ini pasokan sembako khususnya cabai merah masih mencukupi. Sehingga ke depan ia berharap harga cabai merah kembali normal. “Mudah-mudahan komudias cabai ini bisa segera normal,” paparnya.

Sementara itu, Staf Unit Pasar Cibadak, Anggi Pujianti mengatakan, naiknya harga cabai naik tersebut merupakan pengaruh musim hujan yang berdampak terhadap proses penanaman. Menurut Anggi, harga cabai naik secara bertahap.

“Awalnya dari Rp30 ribu naik menjadi Rp50 ribu, naik lagi ke Rp70 ribu dan sekarang ada di kisaran Rp 85 ribu sampai Rp 90 ribu per Kg,” ujarnya

Adapun untuk persediaan, sambung Anggi sejah ini komudas cabai masih aman lantaran banyak pembeli yang mengurangi pembeliannya.

Semisal, biasanya membeli cabai satu kilo saat ini dikurangi menjadi setengah kilogram. “Alhamdulillah untuk persediaan aman. Pembeli banyak yang menyiasati kenaikan harga ini dengan cara mengurangi pembelian,” pungkasnya. (bam/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *