DUNIA

Update Gempa Turki 7,8 Magnitudo, Ribuan Warga Tewas, Ratusan Masih Hilang

×

Update Gempa Turki 7,8 Magnitudo, Ribuan Warga Tewas, Ratusan Masih Hilang

Sebarkan artikel ini
Gempa Turki
GEMPA : Sejumlah Penduduk pada saat mencari korban selamat disela-sela rerutuhan Gempa. (foto : ist)

JAKARTA — Berdasarkan update Gempa Turki 7,8 Magnitudo di laman badan cuaca dan geofisika Amerika Serikat (USGS), sampai pukul 13.51 waktu setempat atau 17.51 WIB, sudah sekitar 34 gempa susulan yang berkekuatan besar di atas Magnitudo 4 mengguncang wilayah tenggara negara yang menapak di dua benua itu.

Gempa susulan terus mengguncang Turki setelah bagian tengah dan tenggara negara ini, serta juga Suriah utara, dilanda gempa bumi berkekuatan Magnitudo 7,8.

Gempa susulan berkekuatan besar ini memiliki skala antara paling rendah Magnitudo 4,2 sampai tertinggi Magnitudo 7,5. Kini, berdasarkan pembaruan data korban dari media-media asing termasuk The Times, Sky News, AP dan BBC, jumlah korban tewas akibat gempa bumi di Turki dan Suriah sudah mencapai sekitar 1.000 orang.

Gempa Turki
Tim penyelamat membawa seorang gadis dari bangunan yang runtuh pascagempa, REUTERS/Sertac Kayar/tom.

Laman harian terkemuka Turki, Hurriyet, menyebutkan daerah-daerah terparah tertimpa gempa dengan jumlah korban banyak adalah Pazarc─▒k, Elbistan dan Turoglu yang semuanya berada di Provinsi Kahramanmaras yang tepat di utara Provinsi Gaziantep yang berbatasan dengan Suriah.

Menurut data sementara kantor gubernur Kahramanmaras, sekitar 300 bangunan ambruk di ibu kota provinsi ini yang juga bernama Kahramanmaras.