Ramos-Horta Menang Pilpres Timor Leste, Banjir Ucapan Selamat

Presiden Terpilih Timor Leste, Jose Ramos-Horta
Presiden Terpilih Timor Leste, Jose Ramos-Horta/Net

TIMORLESTE — Presiden Terpilih Timor Leste, Jose Ramos-Horta mendapatkan banyak dukungan setelah berhasil memenangkan pilpres dua putaran pada tahun ini.

Mengutip data dari Badan Administrasi Pemilihan Negara (STAE), Ramos-Horta berhasil mengamankan 62 persen suara, mengalahkan petahana, Francisco “Lu Olo” Guterres dengan 37 persen di pemungutan suara pada Selasa (19/4).

Pemenang Hadiah Novel Perdamaian 1996 ini juga memenangkan pemungutan suara putaran pertama. Namun suara yang tidak mencapai 50 persen mengharuskannya melanjutkan pertarungan ke putaran kedua.

Setelah mendapatkan kemenangannya, Ramos-Horta mulai menerima ucapan selamat dari berbagai pemimpin dunia.

“Kami mengucapkan selamat kepada Presiden Terpilih Jose Ramos-Horta, dan berharap dapat bekerja sama dengan presiden terpilih untuk memperkuat kemitraan yang langgeng antara Amerika Serikat (AS) dan Timor Leste,” ujar jurubicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price, seperti dikutip dari OekusiPost.Com.

Price mengatakan, AS berharap dapat meningkatkan kerjasama dengan Timor Leste untuk mendorong mata pencaharian masyarakat melalui pembangunan ekonomi, kesehatan masyarakat, kerjasama keamanan, serta pertukaran pendidikan dan pelatihan.

Lebih lanjut, Price juga memuji pemilu Timor Leste yang dianggap bisa menjadi inspirasi bagi demokrasi di Asia Tenggara, Indo-Pasifik, bahkan dunia.

“Selamat atas kemenangan besar Anda! Semoga Anda dan negara Anda diberkati Tuhan dan kesuksesan yang melimpah,” kata mantan Menteri Luar Negeri Singapura, George Yeo.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.