DUNIA

Lockdown India Ketat, Jumlah Kasus Covid-19 Terus Meroket

NEW DELHI – Efektifitas karantina wilayah alias lockdown untuk meredam penyebaran wabah virus corona di India pantas dipertanyakan. Pasalnya, meski India sudah dua bulan mengunci diri, jumlah kasus baru terus memecahkan rekor.

Kemarin, Sabtu (30/5), India melaporkan tambahan terbesar yang pernah dicatat dengan 7.964 kasus baru. Dengan pertambahan itu, kini jumlah kasus infeksi virus corona di India tercatat sebanyak 173.763 dengan 4.971 pasien meninggal dunia.

Meski rasio kematian India lebih rendah dibandingkan negara-negara lain yang terdampak parah, para ahli memperingatkan bahwa puncak pandemi belum terjadi, mengingat angka kasus baru juga terus bertambah tinggi dari hari ke hari.

Dalam sebuah surat terbuka yang menandai satu tahun jabatan di periode kedua, Perdana Menteri Narendra Modi meminta 1,3 miliar penduduk negaranya itu untuk mengikuti aturan karantina wilayah demi menghentikan penyebaran virus.

Ia mengatakan bahwa ada perjuangan panjang di depan untuk melawan pandemi.

“Negeri kita dilingkupi sejumlah permasalahan di tengah populasi yang sangat banyak dan sumber daya yang terbatas,” kata Modi. Ia menambahkan bahwa kalangan buruh dan pekerja migran telah “mengalami penderitaan yang luar biasa” akibat pembatasan sosial. (jpnn)

Loading...
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button