Kapal Kerajaan Inggris Berlabuh di Indonesia, Ada Apa?

  • Whatsapp

Kapal Kerajaan Inggris HMS Albion tiba di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu, (22/4). Kapal itu akan melanjutkan perjalanannya ke Australia. HMS Albion berada di Indonesia untuk melakukan pembicaraan bilateral dan beberapa agenda bersama dengan TNI Angkatan Laut.

Mereka berkunjung dalam rangka menjalin hubungan baik dengan Indonesia khususnya TNI Angkatan Laut. Inggris dan Indonesia seperti diketahui merupakan negara dengan sejarah maritim yang cukup panjang.

Bacaan Lainnya

“Inggris dan Indonesia akan mengadakan pertemuan dan dialog maritim bersama perusahaan-perusahaan pertahanan. Ini dilakukan dalam rangka mempererat hubungan maritim keduanya,” ujar Juru Bicara Kedutaan Inggris.

Sebelumnya, kapal Kerajaan Inggris tersebut singgah di Singapura lalu menuju ke Indonesia. Mereka tiba di Pelabuhan Tanjung Priok hari Sabtu, (22/4), pukul 11.00. Kedatangan mereka disambut dengan tarian tradisional asal Betawi.

“Hubungan pertahanan inggris dan Indonesia terus berkembang. Dengan datangnya HMS Albion ke Indonesia, membuka jalan untuk mendukung mitra-mitra kami dalam hal maritim,” ujar Duta besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik.

Kapal Inggris tersebut akan singgah di Jakarta selama tiga hari ke depan. Hari ini sebanyak 30 awak kapal Inggris tersebut juga melakukan kunjungan ke Yayasan Panti Asuhan Nuruz Zahroh di Koja, Jakarta Utara.

Hubungan kapal Inggris dengan panti asuhan Nuruz Zahroh sudah terjalin sejak 2011, saat kapal HMS Richmond datang ke Jakarta. Kunjungan tersebut bertujuan sebagai kegiatan sosial dan mengekspos kebudayaan Indonesia.

(trz/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *