Gunung Api Bawah Laut Meletus, Jepang Dilanda Tsunami

Gelombang tsunami
Gelombang tsunami di Tonga (ist)

JAKARTA – Akibat letusan gunung api bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha’apai di Tonga mengakibatkan tsunami setinggi 3 meter di pantai Jepang. Belum ada laporan korban jiwa akibat tsunami di Jepang ini. Gelombang dilaporkan terjadi dengan ketinggian 3 meter saat tsunami menerjang pantai Jepang.

Badan Meteorologi Jepang, mengatakan gelombang tsunami ini terjadi beberapa jam setelah letusan gunung api bawah laut. Tsunami mencapai Jepang pada Sabtu malam sampai Minggu pagi.

Bacaan Lainnya

Badan tersebut mengatakan tsunami 1,2 meter (sekitar empat kaki) mencapai pulau selatan terpencil Amami Oshima sekitar 11:55 (1455 GMT) Sabtu. Kejadian ini terjadi sebelum daerah lain di sepanjang pantai Pasifik Jepang mengamati tsunami yang lebih kecil.

Dilansir AFP, Minggu (16/1/2022) tsunami terjadi akibat dari letusan gunung api bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha’apai di Tonga yang sebelumnya terjadi.

Sebelumnya peringatan tsunami juga diberlakukan untuk wilayah Pantai Barat AS. Peringatan ini diberlakukan usai erupsi gunung api bawah laut di Tonga. Peringatan tsunami disampaikan oleh layanan cuaca setempat. Selain peringatan tsunami, peringatan banjir di Hawaii juga diberlakukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.