Wacana Pergantian Warna Pelat Kendaraan Bermotor, Hitam Putih jadi Putih Hitam

Pelat-Kendaraan-Bermotor

SUKABUMI – Polri berencana melakukan pergantian warna pelat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Dari warna dasar hitam tulisan putih menjadi warna dasar putih tulisan hitam.

Adapun regulasi tentang perubaan warna pelat dijelaskan dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 tentang registrasi dan identifikasi Kendaraan Bermotor (Ranmor) dalam pasal 45.

Bacaan Lainnya

Zainal (49), warga Sukabumi mengaku baru mengetahui adanya kebijakan tersebut dari media sosial. Meski terkejut, pria yang berprofesi sebagai karyawan swasta mendukung kebijakan tersebut.

“Baru tahu sih. Tapi menurut saya selama kebijakan itu demi kebaikan, ya tidak masalah sih. Apalagi ini cuma berubah warna saja kan? Dan tidak ada sanksi dan harus bayar berapa. Jadi saya dukung dan tidak masalah,” ungkap Zainal.

Kasat Lantas Polres Sukabumi AKP Bagus Yudo Setyawan menyatakan, pergantian warna pelat tersebut masih menunggu petunjuk teknis dari Mabes Polri dan Polda Jabar.

“Jadi kita itu masih menunggu petunjuk teknis dari Mabes Polri dan Polda, terakhir yang saya dapatkan dari Mabes maupun dari Polda yakni untuk menghabiskan dahulu plat dengan dasar hitam tulisan putih yang sudah ada sekarang,” ujar Bagus kepada Radar Sukabumi.

Bagus menelaskan, pihaknya masih punya kewajiban untuk menghabiskan pelat nomor yang masih ada karena berkaitan dengan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Ketika pelat warna hitam sudah habis, maka akan dilakukan sosialisasi terkait perubahan warna pelat kepada masyarakat.

“Cuma kita juga masih ada produk yang dibiayai negara yang harus kita berikan kepada masyarakat, kewajiban masyarakat untuk pembayaran PNBP harus kita habiskan juga,” ujar Bagus.

“Jadi kita masih menunggu petunjuk dari Mabes maupun Polda. Untuk kapannya masih menunggu dan belum ada kepastiannya,” lanjutnya.

Bagus menambahkan, memang diperlukan tahapan dalam menyosialisasikan kebijakan ini. Namun demikian, penggunaan pelat hitam masih berlaku hingga saat ini.

“Seperti pergantian SIM (surat izin mengemudi) yang dasarnya putih, menjadi merah putih secara bertahap. Jadi bertuliskan putih (plat hitam bertuliskan putih) masih berlaku, tetapi akan perlahan juga diterapkan,” ucap Bagus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *