Tahun 2020, Rel Ganda Kereta Api Sukabumi-Bogor Beroperasi

  • Whatsapp
MULAI DIBONGKAR: Alat berat nampak sedang meratakan bangunan di atas zona double track yang sudah dibebaskan, Kecamatan Cicurug, kemarin.

RADARSUKABUMI.com – Rel ganda kereta api Sukabumi-Bogor segmen 1 telah mencapai progres pengerjaan 65 persen. Hal ini disampaikan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan.

Diketahui bahwa pengerjaan rel ganda segmen 1 Cigombong yang menghubungkan Bogor menuju Cicurug, Sukabumi terus berjalan.

Bacaan Lainnya

“Untuk petak Cigombong-Cicurug sebagai prioritas dioperasikan 2020,” kata Kepala Humas DJKA Supandi.

Supandi mengatakan lagi untuk progres pengerjaan segmen Cicurug-Sukabumi mencapai 20 persen. Untuk panjang total rel ganda yang akan dibangun yaitu 56 kilometer. Jika rampung, maka Stasiun Paledang, Bogor dan Stasiun Sukabumi, bakal memiliki rel ganda, dari saat ini satu rel saja.

Proyek rel ganda ini merupakan salah satu prioritas pemerintah pusat. 7 April 2018, Presiden Joko Widodo atau Jokowi turun langsung mengecek jalannya pembangunan proyek.

Target dari Jokowi sebenarnya hanya beberapa tahun saja. Jokowi ingin segmen sepanjang 7 kilometer dari Cigombong ke Cicurug selesai akhir tahun 2018. Target molor karena pembangunan rel belum kunjung rampung.

Sementara untuk keseluruhan rel ganda dari Bogor menuju Sukabumi, Jokowi ingin pembangunan selesai tahun 2020. Artinya hanya bersisa waktu 2 tahun 4 bulan lagi bagi Kementerian Perhubungan sebagai penanggung jawab proyek untuk mengerjakannya hingga tuntas.

(int/izo/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *