Seren Tahun Cipta Mulya ‘Mendunia’

RADARSUKABUMI.com – SUKABUMI – Tradisi Kampung adat Kasepuhan Cipta Mulya, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok ternyata menyedot perhatian wisatawan Nasional maupun Internasional.

Hal itu, terbukti ketika kampung adat mengadakan puncak ritual tradisi Seren Taun ke-640 pada Minggu (16/9), dihadiri oleh ribuan masyarakat luar daerah termasuk wisatawan asing.

Bacaan Lainnya

Seorang wisatawan asal Prancis Joelle mengatakan, pihaknya sengaja datang ke Kasepuhan Cipta Mulya, karena tertarik dengan ciri khas budaya sundanya yang terkenal santun dan daerahnya yang asri.

“Mulanya saya mengetahui Kasepuhan Adat Cipta Mulya ini, berdasarkan informasi dari media internet. Setelah itu, saya ingin secara langsung melihat upacara adat tersebut,” singkat wisatawan kepada sejumlah wartawan,

Sementara, sesepuh Cipta Mulya Abah Hendrik mengungkapkan Seren Taun digelar untuk mensyukuri hasil panen dari tahun ke tahun. Isi ritual dalam Seren Taun diantaranya bagaimana melestarikan nilai-nilai luhur budaya, seperti menanam padi di ladang sawah untuk satu tahun sekali.

Momen seren tahun yang diawali dengan kegiatan kesenian gondang dan wayang golek ini, telah diselenggarakan sejak Sabtu (15/9) dan mencapai puncaknya pada Minggu (16/9).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan