Sebulan, Kerugian Bencana Capai Rp176 Juta

SUKABUMI-– Selama bulan November Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi mencatat kerugian akibat bencana alam Rp176 juta.

Tingginya intensitas cuaca hujan, menjadi faktor utama bencana di Kabupaten Sukabumi terus meningkat. Bahkan berdasarkan catatan BPBD yang masuk hingga kini sudah ada 41 laporan bencana.

Bacaan Lainnya

Koordinator D Pusdalops Penanggulangan Bencana BPBD Daeng Sutisna mengatakan, cuaca yang ekstrim saat ini membuat potensi bencana di Kabupaten Sukabumi, hingga saat ini BPBD sudah merinci ada puluhan bencana dengan rincina diantaranya, 5 Kebakaran, 29 longsor, 4 banjir, 2 angin kencang dan 1 gemoa bumi.

“Jika dilihat dari data yang tercatat tersebut bencana yang terjadi didominasi oleh longsor. Karena, jumlah bencana lainnya tidak terlalu tinggi,” kata Daeng kepada Radar Sukami, Selasa (27/11).

Akibat bencana tersebut lanjut Daeng, kerugian disinyalir mencapai hingga ratusan juta. Pasalnya, tak sedikit rumah warga yang hancur dan fasilitas lainnya akibat terjangan bencana longsor, kebakaran dan bencana lainnya. “Kerugian ditalsir mencapai Rp176 juta lebih pada November ini,” imbuhnya.

Dalam penanganannya, BPBD melakukan assesment (penanganan red) dan pemberian bantuan terhadap para korban. Selain itu, tak hentinya BPBD memberikan himbauan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaanya pada musim hujan ini.

“Karena yang namanya bencana tidak biaa diprediksi sehingga bisa terjadi kapan saja. Maka dari itu, masyarakat perlu selalu waspada,” imbuhnya.

Dirinya menambahkan, dengan begitu maka akan dapat mengurangi dampak resiko bencana yang kerap terjadi di Kabupaten Sukabumi. Khsusnya di wilayah rawan longsor seperti, wilayah Utara, Palabuhanratu dan wilayah lainnya. “Apalagi masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai ataupun atas tebing harus lebih waspada,” pungkasnya.

Laporan Bencana Bulan November

No Jenis Bencana Jumlah Kejadian Bencana

1. Kebakaran 5 Kejadian
2. Longsor 29 Kejadian
3. Banjir 4 Kejadian
4. Angin Kencang 2 Kejadian
5. Gempa Bumi 1 Kejadian

 

(bam/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.