Retakan Tanah Baru Desa Cimerang Sukabumi, Ancam 25 Jiwa

retakan tanah baru cimerang
Petugas menunjukkan retakan tanah baru pada lokasi gerakan tanah di di Kampung Batu Gede, RT 01 dan 03 RW 06, Desa Cimerang, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMI – Bencana alam retakan tanah di Kampung Batu Gede, RT 01 dan 03 RW 06, Desa Cimerang, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi kian meluas.

Hal ini dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi berdurasi lama yang mengguyur wilayah tersebut pada Rabu, 3 November 2021 lalu. Alhasil, menyebabkan pergerakan tanah (gertan) di sekitar pemukiman dan jalan desa.

Bacaan Lainnya

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Purabaya, Yatno Prayitno menjelaskan, telah ditemukan retakan baru sepanjang 100 hingga 200 meter di empat lokasi berbeda dengan jarak antara titik 15 — 30 meter.

“Jadi kronologisnya, disebabkan oleh hujan deras dengan durasi yang lama sehingga menyebabkan ratakan tanah di sekitar jalan Desa Gunung Gede. Retakan tanah ini juga menjalar ke rumah warga. Jalan desa retak dan anjlok sekitar 50 centimeter,” kata Yatno dalam rilis yang diterima Radar Sukabumi, Jumat (5/11).

Yatno menyebutkan dalam kejadian retakan tanah susulan, berdampak ada enam rumah di RT 1 dan empat rumah di RT 3. Sehingga total jumlah rumah terdampak ada 10 rumah dan mengancam nasib 25 jiwa.

“Fenomena ini sama seperti gerakan tanah, jadi susah diprediksi. Namun potensi bergerak itu ada walaupun sifatnya lamban,” terangnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *