Radar Sukabumi Dengan SEA, Gelar Festival UMKM Merdeka

  • Whatsapp
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami dan Walikota Sukabumi Achmad fahmi foto bersama dengan Sukabumi Enterpreneur Association, menggelar Festival UMMM Merdeka dan Launching Sukabumilapak.com, Jumat (28/8).

SUKABUMI – Dalam mendongkrak kemajuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota dan Kabupaten Sukabumi, Media Cetak Harian Pagi Radar Sukabumi bekerjasama dengan Sukabumi Enterpreneur Association (SEA), menggelar Festival UMKM Merdeka dan Launching Sukabumilapak.com, Jumat (28/8).

Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Radar Sukabumi, Jalan Raya Selabintana, Kilometer 3,5, Kecamatan Sukabumi ini, dibuka secara resmi oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami serta di hadiri Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi, Ardiana Trisnawiana, Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Kota Sukabumi, Ade Wahyu puluhan UMKM, Muspika Kecamatan Sukabumi dan masih banyak lagi yang lainnya. Sehingga acara tampak meriah.

Bacaan Lainnya

General Manager (GM) harian pagi Radar Sukabumi, Abdul Somad mengatakan, selain laucing Sukabumilapak.com, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan bazar UMKM dalam rangka membangkitkan kembali semangat UMKM di masa pandemi Covid 19 di Kota dan Kabupaten Sukabumi.

“Alhamdulillah, kita bisa berkumpul disini dengan UMKM se wilayah Sukabumi Raya untuk membangkitkan gairah ekonomi warga. Iya, pada masa pandemi Covid 19 ini UMKM itu patut di waspadai karena berpotensi krisis,” kata Somad, Jumat (28/8).

Ketika industri olahan dapat berkembang pesat, maka dirinya meyakini suata negara dapat lebih maju dan berkembang. Terlebih lagi, saat ini negara tengah bergantung kebutuhannya dengan berbagai komoditas. Seperti sayuran, sawit dan lain-lain.

“Yang menentukan komosiditas itu, pesennya dari Sukabumi. Yang saya ketahui sekitar 87 persen tenaga kerja itu terserap oleh UMKM dann itu sangat luar biasa. Makanya peran pemerintah sudah selaiknya memberikan perhatian lebih kepada UMKM, sehingga mereka bisa cepat tumbuh dan membanggakan. Untuk itu, saya berharap kegiatan ini bisa berjalan lancar dan sesuai haraparan,” paparnya.

Kepala DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Ardiana Trisnawiana mengucapkan terimakasih kepada Harian Pagi Radar Sukabumi yang sudah membantu peran pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi, khususnya tugas pokok dan fungsinya DPKUKM dalam memajukan perkembangan UMKM di Sukabumi.

“Memang dalam UMKM itu, terdapat beberapa persoalan. Salah satu masalahnya adalah dalam segi pemasaran. Untuk itu, saya ucapkan terimakasih kepada Harian Pagi Radar Sukabumi yang sudah membantu kinerja dinas dalam memasarkan prodak UMKM di Sukabumi,” katanya.

Sementara itu, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengatakan, pihaknya merasa bersyukur dalam masa pandemi Covid 19 ini, kegiatan perekonomian warga, seperti UMKM masih dapat berjalan dengan baik.

Untuk itu, pihaknya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang sudah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Iya, saya secara pribadi sangat beryukur masih bisa melakukan kegiatan untuk penguatan kembali dalam menjawab persoalan kemasyarakatan. Untuk itu, momen ini harus dimanfaatkan secara baik,” jelasnya.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi ini, mengaku sebelum masa pandemi Covid 19, Presiden RI Joko Widodo selalu mengingatkan kepada semua pimpinan daerah untuk memajukan daerahnya yang dimulai dari daerah pinggiran.

“Pemahaman pinggiran bagi kita semua, konotasinya selalu jelek. Tapi termakna dari pemahaman pinggiran ini, yaitu bagaimana ekonomi itu diawali dari desa.

Ketika desa sudah melihat potensi dan peluang, maka harus bisa dicermati dan diarahkan untuk menjadi penopang pemberdayaan ekonomi di lingkungan desa itu.

Sehingga ketika kondisinya sudah kuat, maka diharapkan bisa menopang dan berdampak terhadap kemajuan dan kesejahtraan warga di wilayah kecamatan hingga tingkat Kabupaten Sukabumi,” paparnya.

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan saat ini lantaran membantu pemerintah dalam menumbuhkembangkan para pelaku UMKM.

“Kami mengapresiasi kepada Radar Sukabumi yang bekerjasama dengan SEA sudah menyelenggarakan kegiatan ini. Kami berharap UMKM bisa tumbuh dan berkembang,” ujarnya.

Fahmi menambahkan, saat ini Pemerintah Kota Sukabumi terus berupaya menggenjot agar para UMKM dapat kembali beraktivitas.

“Salah satunya kami membuat market place. Selain itu kami juga meminta beberapa supermarket menyiapkan lahan untuk UMKM dan saat ini sudah berlangsung,” pungkasnya. (Den/bam)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *