Puluhan Hektar Sawah dan Kolam Ikan Terkena Banjir

  • Whatsapp
Puluhan hektar sawah di Desa Cimaja Kecamatan Cikakak diterjang banjir akibat aliran sungai yang mengalami pendangkalan.

SUKABUMI — Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Sukabumi menimbulkan bencana banjir di Desa Cimaja Kecamatan Cikakak. Hal itu terjadi akibat sungai yang berada didaerah tersebut meluap.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Radarsukabumi, akibat dari sungai cihaur meluap puluhan hektar sawah yang berada di aliran sungai terendam banjir. Tak hanya itu juga, kolam yang ditami benih ikan ikut terdampak.

Bacaan Lainnya

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman membenarkan bahwa akibat sungai Cihaur meluap puluhan hektar sawah terendam banjir. Bahkan berdasarkan laporan yang masuk sejumlah bangunan yang berada tak jauh aliran sungai mengalami kerusakan.

“Catatan yang masuk betul sekitar 20 Hektar sawah yang terencam banjir, “jelas Eka.

Menurutnya, terjadinya banjir diakibatkan karena pendakalan sungai yang berada di aliran sungai tersebut. Sehingga ketika debit air hujan tinggi secara tidak langsung airnya meluap.

“Ya kemungkinan akibat sungainya dangkal, sehingga sungai tidak mampu menampung air hujan yang masuk, “cetusnya.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan pihaknnya sudah berkoordinasi dengan pihak BPBD Kecamatan dan desa untuk memantau dan mengawasi lokasi dan melaporkan perkembangan selanjutnya.

“Sudah kami perintahkan BPBD di desa dan kecamatan untuk melaporkan perkembangan lanjutan, “terangnya.

Sementara itu salah satu warga Akbar (40) tahun menambahkan bahwa kejadian banjir tersebut terjadi sekira pukul 16,00 WIB setelah hujan deras turun.

Kemungkinan banjir terjadi akibat dari tidak tertampungnya air hujan ke aliran tersebut.

“Benar (banjir) tapi kondisi sekarang sudah surut, kalau kerusakan atau korban belum tau yang jelas sawah yang berada di aliran sungai sempat terendam, “tukasnya. (hnd)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *