Pintu Keluar Tol Bocimi Seksi 3 di Ponpes Al Masthuriyah Hingga Nusaputra, Pembebasan Rampung

Tol Bocimi
PEMBANGUNAN : Proses pembangunan Tol Bocimi Seksi II masih berlangsung. (foto : Dok/ist)

SUKABUMI — Dalam waktu dekat tepatnya akhir bulan Ini Tol Bogor – Ciawi – Sukabumi (Bocimi) seksi II Cigombong-Cibadak direncanakan akan segera digunakan. Bahkan pengerjaanya terus dikebut agar tol seksi II ini bisa digunakan pada pergantian tahun 2022-2023 mendatang.

Terbaru, Kepala Seksi Penataan Hak Pertanahan dan Pendaftaran Tanah pada Kantor Agraria Tata Ruang – Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kantah Kabupaten Sukabumi, Jumalianto menyebutkan bahwa proses pembebasan lahan jalan Tol Bocimi Seksi 3 sudah terlaksana sesuai target.

Bacaan Lainnya

Bahkan menurutnya, sebagian bangunan kampus Universitas Nusa Putra Sukabumi dan bangunan depan Pondok Pesantren Al-Masthuriyah Cisaat, sudah dilakukan  Pembongkaran.

“Jadi, di lokasi bangunan yang dibongkar itu (Kampus Nusaputra dan Al-Masthuriyah red), rencananya nanti akan jadi pintu keluar jalan tol seksi 3, tepatnya di ujung Jalan Lingkar Selatan Cibolang dekat Masjid Raya Raudhatul Irfan, Kecamatan Cisaat,” timpalnya.

Jumalianto mengatakan, pada tahun 2022 ini, proses pembebasan lahan untuk proyek Jalan Tol Bocimi sudah sampai seksi 3 ruas Cibadak – Sukabumi Barat.

“Alhamdulillah, target pembebasan lahan untuk pembangunan jalan Tol Bocimi pada seksi 3 sudah selesai semua, mulai dari Cibadak sampai kawasan masjid ujung jalur lingkar selatan dekat Ponpes Almasturiyah, Kecamatan Cisaat,” kata Jumalianto kepada Radar Sukabumi pada Kamis (01/12).

Pembebasan lahan untuk jalan raya Tol Bocimi seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat (Cibolang, red) dengan panjang 13,7 kilometer tersebut, telah menelan anggaran sebesar Rp731 Miliyar.

“Nah, kabar terbaiknya ruas jalan Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer akan segera diuji coba pada bulan ini. Yakni Desember 2022 dengan interchange atau pintu keluar tol di wilayah Sundawenang, Kecamatan Parungkuda. Namun, untuk waktu pastinya kami belum tahu, apakah itu akan dilakukan pertengahan bulan apa gimana,” paparnya.

Sementara untuk pekerjaan konstruksi proyek jalan Tol Bocimi seksi 3, masih kata Jumalianto, rencananya akan dilakukam pada 2023 nanti.

“Jadi, jalan Tol Bocimi seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat atau Cibolang, Kecamatan Cisaat itu, jika tidak ada kendala informasinya akan dibangun pada 2023 nanti, dengan panjang 13,7 kilometer,” bebernya.

Selain itu, pada 2023 nanti proses pembebasan lahan untuk jalan Tol Bocimi akan dilanjutkan kembali ke seksi 4 dengan jalur Sukabumi Barat-Sukabumi Timur, Kecamatan Sukalarang sepanjang 13,05 kilometer. Sebab itu, ia berharap kepada seluruh warga Kabupaten Sukabumi, khususnya bagi warga yang terdampak akan lintasan proyek pemerintah pusat ini, dapat bekerjasama untuk membantu soal proses pembebasan lahannya agar dapat berjalan lancar dan sesuai harapan semua pihak.

Pos terkait