Petaka Kapal Tongkang di Pantai Cipatuguran Sukabumi, Rumah Warga Rusak

Kapal tongkang Sukabumi
TERDAMPAR: Kondisi kapal tongkang yang terdampar di Patuguran Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Senin (21/2).

SUKABUMI – Kapal tongkang pengangkut batu bara terdampar selama 11 hari di sekitar Pantai Cipatuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Akibatnya, terjadi abrasi dan mengancam permukiman warga di sekitar pantai.

“Sejak adanya tongkang terdampar, bagian tengah rumah saya sudah rusak, dikhawatirkan kalau terus seperti ini bukan rumah saya saja, namun rumah warga lain pun rusak juga,” ujar salah satu warga setempat, Ujang Rusnadi (40), Senin (21/2).

Bacaan Lainnya

Ujang menjelaskan, ombak dari laut tertahan badan kapal sehingga mengarah ke area permukiman. Selain rumah, ada dua rumah lain yang terdampak, termasuk beberapa pohon kelapa rusak karena abrasi yang ditimbulkan dari keberadaan kapal terdampar itu.

Ujang berharap kapal tongkang itu segera ditangani atau dievakuasi ke tengah laut dan rumah yang rusak segera diperbaiki. “Yang tadinya layak huni, layak huni lagi lah. Sementara saya ngontrak dulu di tempat yang lain khawatir ada badai atau angin besar atau apalah,” paparnya.

Selain itu, akibat dari karamnya tongkang tersebut usaha kerompong atau rongsokannya tidak berjalan. Sebab gudang untuk penyimpanan hancur. “Dua tahun tinggal di sini, seharihari korompong, rongsokan.

Gudang saya ancur, aktifi tas gak bisa, uang yang ada atau modal udah ludes,” keluh Ujang.

Sementara itu, Kepala Satuan Polairud Polres Sukabumi, AKP Tri Andri Aff andi, membenarkan adanya dampak terdampar tongkang tersebut. Untuk itu dirinya meminta agar pihak terkait melakukan penangangan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan