Murid dan Guru Bakal Terima Kuota Internet Gratis Mulai 11 Maret 2021

  • Whatsapp
Mendikbud Nadiem Makarim mengumumkan bahwa bantuan kuota data internet untuk peserta didik dan pendidik akan dilanjutkan mulai bulan ini. (HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS)

JAKARTA, RADARSUKABUMI.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengumumkan bahwa bantuan kuota data internet untuk peserta didik dan pendidik akan dilanjutkan mulai bulan ini. Subsidi kuota ini akan berjalan selama tiga bulan ke depan atau Mei mendatang.

“Kami akan melanjutkan kebijakan kuota ini selama 3 bulan ke depan ya. Mulai dari bulan ini yaitu bulan Maret 2021,” jelas Nadiem dalam Pengumuman Bantuan Kuota Fata Internet tahun 2021 secara daring, Senin (1/3).

Bacaan Lainnya

Namun, terdapat perbedaan dalam skema kuota tersebut, yakni tidak lagi dibagi menjadi kuota belajar dan kuota umum. Selain itu, besaran kuotanya pun dipangkas.

“Jadi di tahun 2021 kita akan memberikan kuota, tapi dengan giga yang lebih kecil daripada kuota belajar sebelumnya. Tetapi kuota ini merupakan kuota umum jadinya bisa digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi,” ujarnya.

Tidak semua laman atau aplikasi dapat diakses, ada juga beberapa yang diblokir seperti aplikasi permainan hingga sosial media. Untuk YouTube sendiri, kini juga telah masuk ke dalam aplikasi yang diperbolehkan untuk diakses.

“Tetapi kabar gembiranya karena sekarang kuota umum, YouTube sudah masuk ke dalam kuota ini, bisa digunakan karena kami mendengar dari banyak guru bahwa materi pembelajaran banyak dari YouTube juga. Walaupun volume gigabyte tidak sebesar yang sebelumnya, tapi penggunaan itu jauh lebih fleksibel,” imbuhnya.

“Tentunya semua aplikasi seperti zoom sudah pasti termasuk dalam ini yang benar-benar kita kecualikan adalah yang khusus untuk entertainment, yang khusus untuk hal-hal yang tidak berhubungan dengan pendidikan yang kita kecualikan,” sambung Nadiem.

Terkait besaran kuotanya, untuk peserta didik PAUD sebesar 7GB per bulan, peserta didik jenjang dasar dan menengah 10 GB per bulan. Sementara itu, pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah 12GB per bulan, lalu untuk mahasiswa dan dosen 15GB per bulan.

“Bantuan ini disalurkan setiap bulannya dari tanggal 11 sampai 15 tiap bulannya, jadinya untuk yang pertama itu akan bulan ini tanggal sekitar tanggal 11 penyaluran terjadi selama 3 bulan ke depan dan semua kuota itu berlaku seperti biasa selama 30 hari sejak kuota itu diterima,” pungkasnya. (sai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *