BERITA UTAMAUNIVERSITAS NUSA PUTRA

Mengawal Transformasi NPU dari Warnet Menuju World Class University

Capaian Universitas Nusa Putra di berbagai bidang memang layak menjadi kebanggaan warga Sukabumi. Tidak hanya capaian kasat mata, seperti dua gedung kampus setinggi enam lantai yang megah, laboratorium, dan fasilitas pendukung lainnya. Namun, tidak kalah penting, secara value juga mengalami peningkatan signifikan.

Kepada Radar Sukabumi, Wakil Rektor Bidang Administrasi, Keuangan, dan Sumber Daya Manusia (SDM) Nunik Destria Arianti, S.Kom, M.Kom, berbicara panjang lebar mengenai sejarah perjalanan sejak awal berdiri yang hanya berupa warung internet, hingga capaian prestisius menjadi universitas.

Berikut wawancara lengkapnya:

Universitas Nusa Putra tidak pernah berhenti melakukan berbagai inovasi, sejalan dengan spirit Little Steps for Wide Vision, di mana ruh lembaga adalah inovasi tiada henti, ini sudah terpatri dalam jiwa para Genusian atau Gene rasi Nusa Putra Brilian.

Istilah Genusian disematkan kepada seluruh civitas akademika Universitas Nusa Putra. Genusian memiliki tujuan mengubah mindset mahasiswa dan dosen agar open minded, sehingga memiliki rasa percaya diri tinggi baik sebagai bangsa, maupun keilmuan yang dikuasainya dalam berinteraksi secara global, melalui berbagai program yang kami kembangkan.

Nah, berbicara capaian lembaga melalui berbagai program yang dikembangkan, ada yang kasat mata, seperti gedung kampus, laboratorium, dan fasilitas lainnya.

Namun, tidak kalah penting, secara value juga banyak alami peningkatan signifikan seperti keterkenalan dan jumlah mahasiswa lokal dan asing.

Bayangkan saja, dari hanya 656 mahasiswa pada tahun 2012, dalam enam tahun bertambah menjadi hampir total 3.000 mahasiswa pada 2018 ini, semuanya terbagi dalam empat fakultas dan 12 program studi.

Sejak berdiri tahun 2002, kami telah melalui berba gai tranformasi organisasi. Dari semula hanya sebuah lembaga kursus singkat dan warnet, lalu menjadi lembaga pendidikan profesi satu tahun pada 2004, hingga kemudian naik kelas menjadi sekolah tinggi teknologi atau STT pada 2007.

Dengan demikian, peningkatan status dari STT menjadi Universitas Nusa Putra pada 2 Februari 2018 lalu, dengan terbitnya SK MenristekDikti Nomor: 108/KPT/I/2018 tanggal 02 Februari 2018 tentang Izin Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra menjadi Universitas Nusa Putra, merupakan capaian prestisius lembaga dan seluruh civitas akademika.

Ini merupakan kerja cepat dan tepat. Perubah an status diiringi kehadiran mahasiswa asing dari negara-negara Asia, Australia, Afrika, hingga Eropa dan Amerika. Selain itu, kami juga rutin menggelar konferensi internasional. Kami yakini itu semua akan menjadikan Nusa Putra sebagai salah satu world class university di Indonesia.

Iya, hingga saat ini Universitas Nusa Putra sudah menjalin kerjasama dengan 31 perguruan tinggi luar negeri. Ini merupakan upaya nyata lembaga untuk terus meningkatkan kualitas lulusan dan lembaga.

Dari ke-31 kampus luar negeri yang telah menjalin kerjasama, terdiri dari kampus-kampus ternama di Asia, Amerika, Australia, dan Eropa. Untuk Eropa, dua perguruan tinggi di Jerman, tiga di Inggris, dua di Prancis, dan di Finlandia juga dua. Selain itu, dua di Rusia, dan di Kazakhstan ada tiga kampus.

Sedangkan di Asia, dua di Malaysia, dua di Uzbekistan, dan di Kamboja dengan tiga kampus.

Kemudian Korea dua, Taiwan dua, satu di Jepang dan Thailand, dua di Singapura.

Untuk Amerika ada dua, ma singmasing satu di Amerika Serikat, dan satu di Kanada. Sedangkan untuk Australia satu perguruan tinggi.

Nah, untuk mahasiswa asing, sampai saat ini Universitas Nusa Putra sudah mendatangkan total sekira 40 mahasiswa dan mahasiswi asing dari berbagai negara Asia, Afrika, Eropa, Amerika, dan Australia.

Dari jumlah tersebut, enam orang mahasiswa dari Jerman, lima dari Prancis, dua dari Rusia, dari Hungaria empat mahasiswa, Belanda tiga, Finlandia tiga, lima dari Spanyol, dua dari Polandia, dan dua dari Republik Cheko. Kemudian dua dari Romania, satudari Kanada, dari Australia satu, Denmark satu, Lithuania satu, Maroko satu, dan dari Mesir satu orang mahasiswa.

Benar. Tentu saja kami tidak hanya berfokus pada upaya meningkatkan kuantitas baik mahasiswa lokal dan asing, atau aktivitas ilmiah berskala internasional. Universitas Nusa Putra juga merekrut dosen-dosen handal lulusan perguruan tinggi ternama baik dari dalam maupun luar negeri.

Setidaknya sampai saat ini saja kami sudah merekrut sepuluh dosen lulusan perguruan tinggi ternama luar negeri seperti dari University of Twente, Masstrich School of Management, Technische School Scheveningen, ketiganya perguruan tinggi Belanda.

Kemudian dua dari kampus Jepang, masing-masing Waseda University dan Tokai University. Satu lulusan Al-Azhar University, Mesir, satu lulusan Seattle University, Amerika Serikat, dua orang dosen lulusan dari Jerman, masing-masing dari TU Dresden University dan Hars University of Applied Science, dan satu orang lulusan Jonkoping University, Swedia.

Sedangkan untuk lulusan perguruan tinggi ternama di dalam negeri ada 68 dosen, antara lain lulusan dari Institut Teknologi Bandung, Universias Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Gunadarma, Universitas Budi Luhur, Institut Teknologi 10 November Surabaya, Universitas Tarumanegara, Universitas Gadjah Mada, Universitas Trisakti, UIN Bandung, Institut Kesenian Jakarta, dan UIN Jakarta.

Selain universitas, Nusa Putra juga mendirikan lembaga pendidikan binaan yang secara paralel ditujukan untuk semakin mensinergikan visi lembaga, seperti pendirian dua Sekolah Menengah Kejuruan dan Pondok Pesantren Mahasiswa Nusa Putra di Kabupaten Sukabumi.

Jadi hampir setiap tahun selalu ada lembaga baru yang kami dirikan. Jadi bisa dibayangkan, bagaimana dinamisnya organisasi ini tumbuh dan terus berkembang. Dari sisi sarana dan prasarana, Universitas Nusa Putra juga terus berbenah.

Bisa Anda lihat langsung, saat ini sedang dibangun gedung kampus baru yang juga setinggi enam lantai. Ini untuk menampung jumlah mahasiswa baru yang terus mengalami peningkatan signifikan. Gedung baru ini ditarget selesai akhir tahun ini.

Tidak hanya berfokus pada upaya meningkatkan kuantitas baik mahasiswa lokal dan asing, atau aktivitas ilmiah berskala internasional. Universitas Nusa Putra juga merekrut dosen-dosen handal lulusan perguruan tinggi ternama dalam dan luar negeri.

Little Steps for Wide Vision Menuju Perguruan Tinggi Kelas Dunia

  • 2002
    Berdiri Warung Internet dan Kursus Singkat keahlian Komputer Kursus Singkat Komputer (L2NSP)
  • 2004
    Berdiri Lembaga Pendidikan Informatika (LPI) program 1 tahun Teknik Informatika (1 Tahun) Manajemen Informatika (1 Tahun)
  • 2006
    Pendidikan Film dan TV (1 Tahun)
  • 2007
    Berdiri Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra (STT Nusa Putra) dengan 4 Program Studi: Teknik Sipil (S1), Teknik Mesin (D3), Teknik Elektro (D3), Teknik Sipil (D3)
  • 2008
    Berdiri Pondok Pesantern Mahasiswa Nusa Putra Menampung Mahasiswa Beasiswa
  • 2014
    Penambahan Program Studi pada STT Nusa Putra Teknik Informatika (S1) Sistem Informasi (S1) Desain Komunikasi Visual (S1)
  • 2018
    Perubahan bentuk jadi Universitas Nusa Putra dengan penambahan 6 Program Studi Manajemen (S1) Akuntansi (S1) Ilmu Hukum (S1) PGSD (S1) Teknik Mesin (S1) Teknik Eleketro (S1)

BIODATA

  • Nunik Destria Arianti, S.Kom, M.Kom
  • TTL: 4 Desember 1985
  • Alamat: Perumaha Bumi Babakan Damai Jl. Patin No. 16B Rt. 30/10 Desa Babakan/Kecamatan Cisaat Sukabumi 43152 Jawa Barat Indonesia

PENDIDIKAN

  • Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM) Ph.D Student, 2018
  • Information and Communication Technology (ICT), Budi Luhur University Master Information and Communication Technology (ICT), 2012-2014
  • STMIK Jawa Barat Bachelor Information and Communication Technology (ICT), 2006 -2009
  • SMAN 4 Sukabumi High School Science, 2001-2004
  • SMPN 11 Sukabumi Junior High School, 1998-2001
  • SDN IPK Nyomplong Elementary School, 1992-1998

RIWAYAT PEKERJAAN

  • Lecturer Nusa Putra School Of Technology, 2009 -2018
  • Vice Chairman Administration and Finance Nusa Putra School Of Technology, 2010 – 2018
  • Lecturer Nusa Putra University, 2018
  • Vice Rector Administration, Finance and Human Resources Nusa Putra University, 2018
  • Director Nusa Putra Ritelindo Company,2018
  • Director Nusa Putra Global Exchange, 2018

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button