Malam Tahun Baru 2023 di Sukabumi Operasional Angkot Dibatasi, Sopir Mengeluh

Tahun Baru 2023 di Kota Sukabumi

SUKABUMI – Sejumlah sopir angkot mengeluhkan adanya penutupan area publik dan pembatasan operasional angkutan kota, pada malam pergantian tahun 2023. Pasalnya, dengan adanya pembatasan tersebut dapat membuat penghasilan merosot.

Salah seorang sopir angkut trayek Sukaraja – Pasar Pelita, Ece Ibrahim (52) mengaku, baru mengetahui soal pembatasan operasional tersebut.

Bacaan Lainnya

“Kebijakan itu dapat merugikan sopir angkot saat malam tahun baru. Karena biasa saat malam tahun baru dapet banyak. Tapi mau bagai mana kalau udah kebijakannya seperti itu,” kata Ece kepada wartawan, Jumat (30/12).

Lanjut Ece, pergantian malam tahun baru biasanya menjadi momen untuk mendulang keuntungan. Sebab, sejumlah warga biasanya melakukan perjalanan ke kota untuk merayakan tahun baru di pusat kota. “Kalau malam tahun baru dulu mah ramai, sekarang kan belum tahu, sekarang kan banyak motor mobil online,” ujarnya.

Sejumlah angkot saat beroperasi di Jalan Ahmad Yani Kecamatan Cikole Kota Sukabumi Jumat 3012
Sejumlah angkot saat beroperasi di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jumat (30/12).

Hal senada diuangkapkan sopir angkot lainnya, Supri (45) menilai kebijakan itu makin memperparah kondisi sopir saat ini.

“Sekarang aja tarif baru Rp 6 ribu masih ada yang bayar Rp 5 ribu, Rp 4 ribu. Malam tahun baru harusnya ramai, banyak orang yang mau belanja atau main ke kota. Tapi kalau dibatasi tentunya bakal menurun juga,” ucapnya.

Supri menyayangkan kebijakan tersebut tidak berpihak ke sopir angkutan kota (angkot). “Iya begini lah, angkot dibatasi tapi yang kendaraan online kan tidak. Nasib kita gimana kalau begitu,” cetusnya.

Sebelumnya, Walikota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, keputusan untuk membatasi pergerakan masyarakat di malam tahun baru merupakan hasil musyawarah dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Sejumlah aturan dibuat untuk membatasi aktivitas masyarakat di pusat kota. “Pertama, Lapang Merdeka ini kita tutup sementara waktu dari jam 17:00 WIB sampai esok hari. Kemudian kedua kita juga akan melakukan pembatasan sarana transportasi publik supaya tidak banyak pergerakan masyarakat ke wilayah,” singkatnya. (bam)

Penutupan arus lalu lintas Kota Sukabumi
Penutupan arus lalu lintas Kota Sukabumi akan dilakukan dimulai tanggal 31 Desember 2022 sekira pukul 19:30 WIB sampai 1 Januari pukul 02:00 WIB.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *