Limbah Batu Hijau Sukabumi Diprotes, DLH Tak Berkutik

  • Whatsapp
pabrik pemotongan batu hijau
Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Cikembar saat melakukan sidak ke salah satu pabrik pemotongan batu hijau

SUKABUMI – Tambang di Kabupaten Sukabumi tak hanya masih banyak yang ilegal, tapi juga dalam aktivitasnya seringkali mencemari lingkungan.

Seperti aktivitas pemotongan batu hijau di daerah Desa Bojongraharja dan Desa Bojong serta Desa Bojongkembar, Kecamatan Cikembar.

Bacaan Lainnya

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi mengaku sudah berulangkali memperingatkan agar dalam sistem pengolahan limbah pemotongan batu hijau ini diperbaiki.

Sehingga, tidak berdampak pada lingkungan. Karena disinyalir, pengolahan limbahnya telah mencemari sungai Cibodas.

“Kami tidak melarang pihak perusahaan manapun untuk melakukan investasi di Kabupaten Sukabumi. Namun, mereka harus menaati peraturan.

Salah satunya dalam aktivitasnya, pihak perusahaan harus memperhatikan lingkungan,” kata Kepala DLH Kabupaten Sukabumi, Dedah Herlina kepada Radar Sukabumi.

Apabila pihak perusahaan tidak memperbaiki sisitem pengolahan limbahnya, maka dapat dipastikan dalam aktivitasnya dapat mencemari lingkungan. Bahkan, tidak sedikit warga memprotes aktivitas perusahaan tersebut.

“DLH sudah menyampaikan (himbauan) kepada para pengusaha pemotongan limbah batu hijau itu. Bahkan, kami bekerjasama dengan Satpol PP dan pemerintah Kecamatan Cikembar untuk memanggil dan mengedukasi mereka dalam pengolahan limbahnya.

Mereka sudah sempat berhenti membuang limbah yang dihasilkan dari penggosokan batu hijau ke sungai,” paparnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *