Kuota Haji Kabupaten Sukabumi Tahun 2022 Dipangkas Setengah, Ini Jadwal pemberangkatanya

Jemaah Haji Kabupaten Sukabumi

SUKABUMI – Kuota jemaah haji asal Kabupaten Sukabumi pada tahun 2022 dipangkas lebih dari 50 persen. Ini terjadi sesuai dengan kebijakan Pemerintah Arab Saudi seperti yang disampaikan oleh Direktorat Jenderal PHU Kementerian Agama.

Bahwa, kuota haji Indonesia tahun ini hanya sebanyak 100.051 orang.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Kabupaten Sukabumi, Agus Santosa mengatakan, di tahun ini terjadi pengurangan kuota haji lebih dari 50 persen bagi calon jemaah haji asal Kabupaten Sukabumi.

“Ini terjadi karena saat ini masih dalam proses transisi pendemi. Iya, makanya kuota hanya diberikan 48 persen dari kuota sebelumnya sekitar 1.500 orang,” kata Agus Santosa kepada Radar Sukabumi.

Untuk pemberangkatan gelombang I, sambung Agus, calon jamaah haji asal Kabupaten Sukabumi akan dilakukan pelepasan kelompok terbang atau kloter 12 akan dilepas dari Pusbangdai, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar menuju Asrama Haji Bekasi.

“Untuk jumlah jamaahnya dengan total 410 orang terdiri dari 404 jamaah haji ditambah enam orang petugas.

Nah, untuk pelepasannya akan dilaksanakan pada Sabtu (11/06) mendatang,” ujarnya.

Sebelum melakukan penerbangan, rombongan jemaah haji untuk kloter 12 atau gelombang I akan istirahat selama satu malam di Asrama Haji Bekasi.

Setelah itu, langsung diterbangkan ke Tanah Suci yang dijadwalkan pada Minggu (12/06) sekira pukul 11.00 WIB. Sementara, untuk gelombang II atau kloter 31 rencana pemberangkatan akan dilaksanakan pada Sabtu (25/06) mendatang.

“Jumlah calon jamaah asal Kabupaten Sukabumi di gelombang kedua ini mencapai 315 orang, jumlah tersebut akan digabung dengan calon jemaah asal kota Banjar sebanyak 89 orang, ditambah 6 orang petugas sehingga jumlah totalnya ada 321 orang,” bebernya.

Pihaknya menambahkan, rencananya rombongan calon jamaah haji pada gelombang II akan terbang pada Minggu (26/06) mendatang dengan nomor flight SV 5207 dan rencana pemberangkatannya akan dipusatkan di Pusbangdai Desa Sukamulya, Kecamatn Cikembar pada Sabtu (25/6) sekitar jam 01.00 WIB.

“Jumlah jemaah sebanyak 315 orang di gabung calon jemaah dari kota Banjar sebanyak 89 orang dan ditambah enam orang petugas jadi jumlah keseluruhannya ada 321 orang,” pungkasnya. (den/t)

Jemaah Haji Kabupaten Sukabumi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan