Kronologis Pesta Hajatan di Sukabumi, Berujung Kepanikan

Keracunan Pesta Hajatan

SUKABUMI – Lagi-lagi pesta pernikahan berujung kepanikan. Bagaimana tidak, disaat momen yang seharusnya diselimuti kebahagiaan, tamunya malah mengalami keracunan makanan.

Peristiwa itu terjadi di Desa Wanasari dan Desa Citangla, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Diduga, mereka mengalami keracunan massal usai menyantap hidangan dari kegiatan hajatan pada resepsi pernikahan.

Bacaan Lainnya

Bahkan, pemerintah Kecamatan Surade sudah melaporkan kejadian tersebut kepada pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi sebagai status kejadian luar biasa (KLB) terkait peristiwa keracunan makanan tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Rekontruksi pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Anita Larasati mengatakan, berdasarkan laporan dari Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kecamatan Surade, jumlah korban keracunan massal mendapai 89 orang.

“Korban sendiri berasal dari Kampung Sindanghayu, Desa Wanasari kemudian beberapa warga lain dari Kampung Simpangkaret, Desa Citangla. Namun, beberapa korban kondisinya sudah berangsur membaik,” kata Anita kepada Radar Sukabumi pada Senin (23/08/2021).

Peristiwa keracunan makanan ini, ujar Anita, bermula pada Minggu (21/08/2021) sekitar pukul 08.30 WIB. Saat itu, warga mengkonsumsi hidangan nasi dan daging sapi di tempat hajatan pernikahan. “Nah, usai menyantap hidangan dari acara hajatan itu, pada sore harinya mereka mulai merasakan mual, diare, muntah-muntah dan lemas,” imbuhnya.

Dari 89 korban keracunan massal ini, mereka langsung mendapatkan tindakan dan penanganan tim medis di dua lokasi. Yakni 77 warga di tangani di Puskesmas Pembantu (Pustu) setempat. Kemudian, 12 warga lainnya berobat di tempat praktik perawat Puskesmas Surade.

“Untuk memaksimalkan pelayanan, tim medis dari Puskesmas Surade juga membuka posko pengobatan di Pustu Wanasari untuk memberikan pertolongan pertama,” timpal Anita.

Sementara itu, Plt Camat Surade, Deden Sumpena mengatakan, petugas gabungan dari tim medis Puskesmas Surade, Polri dan TNI serta petugas lainnya langsung mengevakuasi seluruh warga yang mengalami keracunan untuk mendapatkan pelayanan medis.

“Kami bersama petugas lainnya langsung mengevakusi warga yang mengalami keracunan ke Pustu Desa Warnasari,” paparnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.