Jelang Tahun Baru, PMI Siapkan 150 Labu Darah

SUKABUMI – Menghadapi momen akbar di penghujung tahun ini, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi telah menyiapkan stok darah sebanyak 150 labu. Biasanya di akhir tahun permintaan darah cenderung stabil. Tetapi terjadinya lonjakan permintaan rentan terjadi di awal tahun.

“Stok darah saat tersedia sebanyak 150 labu. Jumlah tersebut bisa untuk memenuhi permintaan darah di akhir tahun nanti,” jelas Sekertaris Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Sukabumi Feri Febriana kepada Radar Sukabumi.com.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya dari 150 labu darah tersebut, stok untuk darah golongan A relatif sedikit yakni hanya sekitar 20 labu. Feri berharap adanya inisiatif masyarakat dengan darah golongan A untuk mendonorkannya melalui PMI.

Selain memperkuat ketersediaan stok darah, menghadapi malam pergantian tahun dari 2017 menuju 2018 nanti, PMI juga segera mengoperasikan lima posko yang berfungsi sebagai tempat untuk mendonorkan darah.

“Posko utamanya tetap berada di UTD PMI, namun untuk menunjang efektifitas pemenuhan dan pengumpulan darah, kami juga membuka lima posko yang berfungsi sebagai tempat donor di beberapa lokasi,” ungkap Feri.

Berdasarkan data menunjukan, sepanjang tahun 2017 ini PMI sempat mengalami kekosongan stok darah selama 10 hari lamanya. Kondisi tersebut terjadi pasca Hari Raya Idul Fitri pada bulan Juni silam. “Selain kejadian itu, secara keseluruhan PMI mampu memenuhi permintaan darah masyarakat,” ungkapnya. (Randi)


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *