Ini Penjelasan Logis Dokter Soal Fenomena Gancet dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
Pasangan gancet tak bisa lepas
Pasangan gancet tak bisa lepas

SUKABUMI — Baru-baru ini, dunia medsos (media Sosial) dihebohkan dengan postingan Video pasangan gancet. Dalam video tersebut terlihat seorang pria dan perempuan berbaring di kasur. Video pasangan gancet ini disiarkan melalui kanal YouTube Gus Idris Official. Potongan videonya dibagikan oleh akun TikTok @indriani_be viral sejak 6 September 2021 mengundang sejumlah sepekulasi salah satunya dari kalangan Dokter dan dihubung-hubungkan dengan dunia mistis. Padahal, kondisi penis terjepit di dalam vagina saat berhubungan seks ini dapat dijelaskan secara logis dan bisa diatasi dengan cara yang tepat.

Berdasarkan tulisan alodokter.com yang ditinjau dr. Sienny Agustin menjelaskan, fenomena gancet sering kali dianggap sebagai hukuman bagi para pelaku tindakan asusila. Padahal, kondisi ini dapat dijelaskan secara logis melalui pendekatan medis. Perbedaan persepsi inilah yang akhirnya menimbulkan pro dan kontra mengenai fakta yang sebenarnya dari fenomena gancet.

Bacaan Lainnya

“Penyebab Gancet, Normalnya, saat berhubungan seksual, penis akan terisi dengan darah dan ukurannya terus membesar hingga ejakulasi. Di sisi lain, saat wanita mengalami orgasme, otot-otot dinding vagina akan berkontraksi. Nah, kontraksi ini dapat mempersempit lubang vagina, sehingga menyulitkan pria untuk mengeluarkan penisnya, terutama jika masih membesar dan mengalami ereksi. Kondisi inilah yang disebut dengan istilah gancet. Pada sebagian kasus, dibutuhkan bantuan medis untuk mengeluarkan penis dari vagina, “Tulis dr. Sienny Agustin

Sementara, penyebab pasti terjadinya gancet belum dapat diketahui. Namun, muncul dugaan bahwa kondisi ini disebabkan oleh vaginismus, yaitu kondisi saat vagina menutup dengan sendirinya, karena kejang otot di dasar panggul. Penyebab vaginismus sendiri belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa hal yang diduga menjadi penyebab vaginismus, di antaranya, Memiliki rasa takut akan vagina yang terlalu kecil, Mengalami pengalaman berhubungan seksual yang buruk, Memercayai bahwa seks adalah tindakan yang memalukan atau salah dan Memiliki kondisi medis tertentu.

“Ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan penyebab pasti terjadinya gancet, “jelasnya.

Kasus Gancet yang Pernah Dilaporkan

Karena kasus gancet atau penis captivus sangat jarang terjadi, hampir sulit untuk menemukan penelitian atau bukti medis tentang kejadian tersebut. Namun, pada tahun 1979, British Medical Journal pernah menerbitkan ulasan dari klaim yang disampaikan oleh dua ahli ginekologi abad ke-19, bahwa mereka pernah menangani kasus gancet.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *