BERITA UTAMAPilkada Kabupaten Sukabumi

Heri Gunawan, King Maker dalam Pilbup Sukabumi 2020

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Pengamat politik M Tahsin Roy memprediksi, Pilkada Kabupaten Sukabumi 2020 berpotensi diikuti tiga pasang calon.

Hal ini mengingat potensi ‘perceraian’ bakal terjadi pada pasangan petahana Marwan Hamami dan Adjo Sardjono.

“Ya terjadi disharmoni antara Marwan dan Adjo, ini makin kentara. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya alat-alat sosialisasi yang disebar oleh para relawan mereka,” kata Tahsin Roy yang juga Ketua Lingkar Kajian Demokrasi Sukabumi kepada Radarsukabumi.com, Jumat (23/8/2019).

Situasi ini, menurut Roy, diperkirakan bakal menghadirkan calon alternatif yang diakomodir oleh Partai Gerindra sebagai partai politik pemenang Pemilu 2019 Kabupaten Sukabumi.

Gerindra akan menjadi penentu, apakah menampilkan kandidat dari kader sendiri atau menawarkan kadernya menjadi wakil antara Marwan atau Adjo.

“Tapi poros ketiga ini akan muncul setelah Marwan dan Adjo mengumumkan calon pendamping mereka masing-masing. Artinya ini masih simulasi, testing the water istilah,” papar Roy.

Loading...

Bicara tentang sikap politik Gerindra, Tahsin mengatakan hal tersebut ada pada tangan Ketua DPP Partai Gerindra Heri Gunawan yang merupakan anggota DPR RI Terpilih dari Dapil Kota Kabupaten Sukabumi.

“Pengaruh Heri Gunawan sangat kuat. Dan dia akan menjadi king maker dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2020,” ujar Roy.

Kendati demikian, imbuh Tahsin, lobi-lobi politik masih terus terjadi. Sehingga soal peta politik masih sangat dinamis.

“Gerindra partai penentu. Tak haram juga kiranya Gerindra masuk pada koalisi petahana, kalau soal pigur bagaimana nanti ditentukan oleh lobi-lobi politik mereka,” pungkasnya.

(izo/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button