Hektaran Sawah di Cikembar Diserang Hama Tikus, Petani Minta Ini Keperintah

  • Whatsapp
DISERANG HAMA : Ketua RT 04 di Kampung Tanjakanlengka, Desa Parakanlima, Kecamatan Cikembar, Ginanjar saat menunjukan lahan pesawahan warganya yang diserang hama tikus.

CIKEMBAR — Hektaran lahan pesawahan di wilayah Kampung Tanjakanlengka, Desa Parakanlima, Kecamatan Cikembar diserang hama tikus pada Senin (19/04/2021).

Ketua RT 04 di Kampung Tanjakanlengka, Desa Parakanlima, Kecamatan Cikembar, Ginanjar mengatakan, para petani di Desa Parakanlima, khususnya lahan pesawahan di blok Lebakjero, Kampung Tanjakanlengka, terancam gagal panen yang diakibatkan oleh seranggan hama tikus.

Bacaan Lainnya

“Dari lahan pesawahan seluas 13,5 hektare, lima hektare diantaranya tanaman padi di blok Lebakjero, telah diserang hama tikus,” kata Ginanjar kepada Radar Sukabumi pada Senin (19/04/2021).

Menurut Ginanjar, para petani setempat sudah berupaya mengusir dan membasmi hama itu. Mulai dari memasang ranjau, menebar racun dan membakar semak-semak di sekitar sawah. Namun, upaya yang dilakukannya itu sampai saat ini belum juga membuahkan hasil. “Bahkan, serangan tikus akhir-akhir ini semakin merajalela,” paparnya.

Pada musim panen tahun ini, sambung Ginanjar, para petani diprediksi bakal merugi. Sebab, banyak tanaman padi milik petani di wilayah kampung tersebut, dipastikan gagal panen. Lantaran serangan hama tikus tersebut. “Jadi, hama tikus itu sering menyerang bagian batang padi. Sehingga sebagian tanaman padi banyak yang mati,” tandasnya.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *