Gapura Hansip Segera Dipercantik

Kondisi terkini Gapura Limnas yang berlokasi di persimpangan Jalan A Yani Jalan dan Kaum Kidul, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong.

CIKOLE- Gapura Limnas yang berlokasi di persimpangan Jalan A Yani Jalan dan Kaum Kidul, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong akhirnya bakal dipercantik Satuan Polisi Pamong Paraja (Satpol PP) Kota Sukabumi.

Walaupun begitu, lembaga penegak peraturan daerah itu membantah jika gapura tersebut disebut tugu linmas karena memang saat itu hampir semua gapura diberi logo Linmas.

Bacaan Lainnya

Kepala Seksi Linmas Satpol PP Kota Sukabumi, Hardi Kusuma mengungkapkan, pihaknya bakal segera membersihkan kembali gapura berlogo linmas tersebut.

Karena memang, pihaknya mengakui gapura tersebut sudah tidak terurus sehingga terbengkalai.

“Kami akan segera membersihkannya kembali, itu kami lakukan dalam rang hari ulang tahun Satpol PP dan Linmas. Termasuk, cat nya yang sudah usang akan kami perbaharui kembali,” jelasnya saat ditemui diruang kerjanya, kemarin (27/3).

Namun begitu, lanjut Hardi yang juga merupakan warga Jalan Kaum Kidul, gapura tersebut tidak ada kaitannya dengan sejarah Hansip atau Linmas.

Saat itu, sekitar tahun 1998 nyaris semua gapura selelu dipasangi logo Linmas, baik oleh masyarakat maupun pemerintah. “Perlu saya luruskan juga, gapura itu bukan tugu hansip, sayapun lahir dan besar didaerah itu sehingga cukup mengetahuinya.

Saat itu, gapura linmas dibangun oleh swadaya masyarakat sebagai simbol atau ciri perbastasan wilayah,” ungkapnya.

Terkait sejarah Hansip, Hardi menyetujui di Sukabumi pernah menjadi pusat pengembangan Hansip. Namun, sifatnya tidak sentralisir melainkan tersebsar hampir disemua kelurahan.

“Kalau sejarah Hansip di Kota Sukabumi saya setuju memang pernah menjadi pusat perkembangan, saat itu memang yang namanya Linmas ini cukup disegani dan berpengaruh dilingkungan masyarakat,” ujarnya.

Adapun peranan Linmas saat ini yang terdata kurang lebih 2700 orang, tersebar disemua kelurahan. Pihaknya pun melibatkan Linmas dalam beberapa kegiatan penting seperti pesata demokrasi lima tahunan.

“Kedepan kami bakal mulai gagas beberapa pelatihan dan kegiatan bagi Linmas disetiap kelurahan, sehingga mereka tetap aktif dala berbagai kegiatan,” pungkasnya. (upi/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan