BERITA UTAMAKABUPATEN SUKABUMI

Diterjang Longsor, Satu Rumah di Cikakak Rusak

RADAR SUKABUMI — Nasib memilukan menimpa keluarga Rudi warga Kampung Legok Jabon, Desa Cirendang, Kecamatan Cikakak. Bagaimana tidak, rumah permanen yang diisi oleh lima jiwa itu, mengalami kerusakan setelah diterjang bencana longsor pada Minggu (5/4) sekira pukul 17.00 WIB.

Koordinator Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna mengatakan, meski tidak ada korban jiwa, namun akibat bencana longsor ini, rumah tempat tinggal keluarganya Rudi mengalami kerusakan setelah tergerus longsor.

“Saat ini, untuk sementara waktu keluarga Pak Rudi telah dievakuasi untuk sementara waktu ke rumah keluarga terdekatnya. Lantaran, bangunan dinding rumahnya jebol diterjang longsor,” kata Daeng kepada Radar Sukabumi, Senin (6/4).

Pasca kejadian, sambung Daeng, warga dan pemerintah desa setempat bersama Polri, TNI dan relawan perencanaan langsung mendatangi lokasi kejadian. “Setiba di lokasi, warga bersama petugas gabungan langsung gotong royong membersihkan material longsor yang menimbun rumah tersebut,” paparnya.

Menurutnya, tebing yang lokasinya berada di atas pemukiman penduduk itu, kondisinya sangat labil. Sehingga saat diguyur hujan deras, tebing tersebut langsung ambruk dan menimpa bangunan rumah yang berada dibawahnya.

“Untuk mengantisipasi bencana susulan, kami menghimbau kepada seluruh warga yang tinggal di dataran tinggi dan daerah bantaran sungai untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaanya. Ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya resiko bencana alam,” pungkasnya. (den/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button