BERITA UTAMAPemkab SukabumiPemprov Jabar

Desa Sirnarasa Resmi Jadi Dedi

SUKABUMI – Desa Sirnarasa, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi resmi menjadi Desa Digital (Dedi). Penetapan ini menjadi percontohan di lingkup Provinsi Jawa Barat.

Orang nomor satu di Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, meresmikan secara langsung desa percontohan tersebut, kemarin (14/4).

Untuk diketahui, Dedi merupakan visi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang dikerjakan bersama pemerintah pusat dalam hal ini adalah Kementerian Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Teknologi dan Informasi (Bakti).

“Pemerintah Provinsi Jabar ini memiliki 5.500 desa. Dari ribuan itu, minimal pintu pertama untuk desa digital harus sudah dihadirkan,” ujar Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil kepada wartawan.

Emil mengaku, sudah meminta Menteri Kominfo untuk memperkuat kuantitas agar terdapat kombinasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk terlaksananya desa digital ini.

Pemprov Jabar menargetkan membuat 1.000 Dedi dalam satu tahun. “Kami minta kepada Pak Menteri, bisa memperkuat dari segi kuantitas dengan mengalokasikan anggarannya di APBN.

Targetnya 1.000 desa pertahun itu bisa kita upayakan. Kalau dibagi hari, berarti tiga desa sehari dipasang,” harapnya.

Menurut Emil, dengan adanya Dedi ini diyakini bisa mengedukasi masyarakat desa untuk mempromosikan yang mereka miliki ke media sosial supaya bisa menjadi peluang usaha.

Karena sekarang ini, terdapat beberapa keunggulan dari infrastruktur, diantaranya mengedukasi masyarakat desa bahwa hidup bisa berubah dengan hanya mempromosikan punya peluang ekonomi dagang.

“Seperti di Desa Cibuntu yang ada di Kuningan, karena promosi desa wisatanya dilihat seluruh dunia sampai rumah warga digunakan menginap oleh pengunjung.

Kemudian, bisa belajar dengan Bahasa Inggris. Bisa juga tiap malam menonton sesuatu yang bermanfaat yang diatur oleh kepala desanya dan seterusnya, minimal inilah peran pemerintah pusat melalui Kominfo dan Pemprov Jabar dan Kementrian Desa untuk memaksimalkan cara hidup baru desa digital,” ujarnya.

JADI PERCONTOHAN: Menkominfo, Rudiantara bersama Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dan Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono saat meresmikan Desa Sirnarasa, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi sebagai Dedi percontohan.

Sementara itu, Menkominfo, Rudiantara menjelaskan, selain di Jabar daerah lain seperti Nusa Tenggara Timur (NTT) juga sama telah menerapkan desa digital.

Dari 83.000 desa yang ada di Indonesia, yang belum terpasang sekitar 40.000 lebih. “Yang menjadi prioritas desa digital itu ialah zona merah. Ini agar kesenjangan digitalnya menipis dan jangan hanya orang kota saja yang bisa merasakannya,” singkatnya. (bam/d)

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button