Tikungan di Panggeleseran Berbahaya

  • Whatsapp
nak-anak menyeberang di tikungan tajam, tepatnya di Kampung Tanjakanlengka, RT 4/4, Desa Parakanlima, Kecamatan Cikembar.

CIKEMBAR – Pengguna lalu lintas di ruas jalan raya Panggeleseran – Cibatu, tepatnya di Kampung Tanjakanlengka, RT 4/4, Desa Parakanlima, Kecamatan Cikembar berharap Pemerintah Kabupaten Sukabumi memasang cermin cembung.

Pasalnya, di tikungan ruas jalan milik pemerintah Kabupaten Sukabumi ini rawan terjadi kecelakaan.

Bacaan Lainnya

Ketua RT 4, Kampung Tanjakanlengka, Kedusunan Mekarsari, Desa Parakanlima, Ginda Ginanjar (32) mengatakan, saat ini warganya dan juga pengguna jalan merasa was-was saat melintasi jalan tersebut.

Lantaran di lokasi jalan ini tidak terpasang rambu cermin cembung. “Akibat tidak adanya cermin cembung, banyak pengendara khususnya kendaraan roda dua yang mengalami kecelakaan saat melintasi tikungan tajam ini,” jelas Ginda kepada Radar Sukabumi, kemarin (14/4).

Untuk itu, ia bersama warga lainnya berharap kepada pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi supaya segera memasang rambu cermin cembung di lokasi tikungan jalan tersebut.

“Apalagi, saat anak-anak hendak berangkat ke sekolah, kami selalu khawatir saat mereka menyeberang jalan ini, karena jika tidak berhati-hati bisa tertabrak kendaraan,” bebernya.

Seorang pengendara roda dua, Kamaludin (31), warga Kampung Cibatu Lanaja, Desa Cibatu, Kecamatan Cikembar mengatakan, tidak adanya rambu cermin cembung ini, membuat pengendara sulit melihat kendaraan dari arah berlawanan.

“Cermin cembung ini harus segera dipasang di jalan tikungan tajam itu,” katanya.

Keberadaan rambu cermin cembung, papar Kamal, sangat bermanfaat untuk keselamatan pengendara yang melintasi di jalan berbelok dan rawan terjadi kecelakaan.

Apalagi ruas jalan Panggelesaran – Cibatu ini kerap dilintasi kendaraan besar bermuatan batu kapur. Sehingga aktivitas kendaraan di ruas jalan ini cukup padat.

“Tidak hanya kendaraan kecil, tetapi juga kendaraan besar yang mengangkut kebutuhan masyarakat di wilayah Pajampangan. Jadi keberadaan cermin cembung ini sangat dibutuhkan, terutama di jalan-jalan yang banyak tikungan.

Apalagi saya melihat ada saja pengendara yang suka menyalip sembarangan,” tandasnya.

Untuk itu, ia meminta kepada pemerintah agar segera melengkapi jalan-jalan menikung dengan rambu cermin cembung. Sehingga bisa meminimalisasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Saat melintasi di jalan yang menikung tajam, jarak pandang cukup terbatas atau terhalang. Jadi kendaraan dari arah berlawanan tidak terlihat. Makanya perlu cermin cembung itu,” pungkasnya. (Den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *