Data dan Fakta Seputar Haji, Kota Sukabumi 20 Tahun, Kabupaten 16 Tahun

Haji Sukabumi
Grafis Haji Sukabumi

RADAR SUKABUMI – Calon jamaah haji (CJH) asal Sukabumi masih harap-harap cemas. Hal ini menyusul rencana kenaikan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) yang direncanakan Kementerian Agama. Bukan itu saja, antrean untuk menunaikan rukun Islam ke lima ini pun semakin panjang akibat sebelumnya dibatasi karena Covid-19 dan pembatasan usia.

Di Kota Sukabumi, para calon jamaah haji harus mengantre selama 20 tahun. “Daftar tunggu haji di Kota Sukabumi saat ini mencapai 20 tahun.Sehingga jika calon jemaah haji mendaftar pada 2023, maka kemungkinan akan berangkat pada 2043,” beber Kepala Seksi Pembinaan dan Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Kemenag Kota Sukabumi, Abdul Manan.

Bacaan Lainnya

Dirinya mengaku, minat warga Kota Sukabumi yang mendaftar untuk menjadi calon jemaah haji cukup tinggi. Waktu 20 tahun masuk daftar tunggu pun disebutnya untuk di Jawa Barat masih rendah.“Karena di kabupaten lain lebih dari Kota Sukabumi.

Depok misalnya, daftar tunggu sampai 30 tahun,” tambahnya.

Abdul menerangkan, Kemenag belum menerima berapa jumlah kuota haji tahun ini dan masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat. “Ya, termasuk jadwal keberangkatan.

Walau pun sekarang sudah ada rencana perjalanan haji yang disusun Dirjen PHU Pusat kloter pertama akan dimulai pada 23 Mei jemaah masuk asrama dan 24 Mei kloter satu sudah berangkat ke Madinah,” terang Manan.

Bagi jemaah haji yang keberangkatannya tertunda akibat pembatasan kuota pada tahun lalu, maka akan menjadi prioritas di tahun ini.

“Calon jemaah haji yang keberangkatannya tertunda ada 125 orang. Saat ini otomatis jadi prioritas. Ditambah dengan jemaah haji nomor urut pendaftran,” ujarnya.

Pada tahun ini, Kemenag Kota Sukabumi bakal menerima kuota secara full yakni di angka 253 hingga 257 orang. Hal ini pun di satu sisi menjadi kabar gembira.

Namun disisi lain,juga terkait biaya ada tambahan meski sampai saat ini aturan secara tertulisnya belum ada.

“Jadi proses biaya haji itu kan dari pemerintah atau Kemenag mengusulkan. Yang sekarang ramai itu biayanya Rp69 juta lebih diusulkan ke DPR nanti mereka yang membahas. Sampai hari ini belum ada keputusan,”papar Maman.

Dirinya memastikan, pada tahun ini biaya haji bakal mengalami penyesuaian seiring dengan meningkatnya biaya hidup di tanah suci.

“Layanan juga ingin seperti di tahun 2022 kepada jamaah. Misalnya, makan saja 3 kali baik di Mekah atau Madinah. Artinya pemerintah tidak ingin mengurangi layanan 2022 tapi beban biaya yang di- bebankan kepada jemaah juga akan disesuaikan dengan kemampuan,” pungkasnya.

Pos terkait