Catat!, Jokowi Minta Kawasan Geopark Tidak Dirusak Apalagi Dieksploitasi

  • Whatsapp
Ilustrasi potensi wisata diGeopark Ciletuh yang terletak di Kabupaten Sukabumi (Istimewa)

JAKARTA — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta agar kawasan Geopark (taman bumi) dijaga dan dilindungi untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya. Menurutnya, kawasan tersebut menyimpan keragaman dan kekayaan geologi, hayati, dan budaya warisan bumi pertiwi.

“Semua keragaman dan kekayaan yang kita miliki harus kita jaga dan lindungi, tidak dirusak dan dieksploitasi secara berlebihan, bertanggung jawab terhadap keberlangsungan lingkungan dan ekosistem,” kata Presiden RI Joko Widodo salam Konferensi Nasional Geopark Indonesia II secara virtual, Senin (22/11).

Bacaan Lainnya

Jokowi memaparkan, selain dapat dimanfaatkan sebagai tempat edukasi bagi anak-anak, Geopark juga dapat menjadi geowisata yang menarik di mana wisatawan. Sehingga, tidak hanya menikmati keindahan alam tetapi juga bisa ikut terlibat untuk mengkonservasi lingkungan. “Geopark cocok dengan tren pariwisata saat ini di masa pandemi yang mengedepankan ecotourism dan wellness tourism,” tuturnya.

Jokowi menuturkan, setiap kawasan Geopark memiliki keunikan masing-masing yang perlu diangkat selain dari sisi geologi daerah, vulkanik, flora dan fauna endemik, serta budaya masyarakat yang berada di kawasan Geopark. Keunikan tersebut diantaranya, menyimpan sebuah historis seperti gunung Purba, letusannya di masa lalu dan juga perjalanan peradaban di sekitar Geopark.

Jokowi menekankan, kunci utama yang menentukan keberhasilan pengembangan Geopark adalah tata kelola yang harus terus diperbaiki agar semakin baik. Ia meminta dalam pengembangannya dapat melibatkan para pegiat Geopark, akademisi dan masyarakat sekitar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *