Cara Cegah Pencuri Masuk Rumah, Awas Pembobolan Rumah Kosong

  • Whatsapp

SUKABUMI – Keberadaan rumah kosong baik itu yang ditinggal pemiliknya maupun tidak ditempati, menjadi sasaran empuk para pencuri. Menjelan Idul Fitri 1442 H, keberadaan rumah kosong yang ditinggal pemiliknya bakal meningkat.

Untuk mengantisipasi kejahatan pembobolan rumah kosong yang kerap terjadi menjelang leberan tersebut, Jajaran Polres Sukabumi Kota mulai menggalakan patroli malam hingga ke setiap perumahan.

Bacaan Lainnya

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sumarni mengatakan, terdapat beberapa daerah yang rawan terjadi tindakan kejahatan pembobolan rumah kosong. Diantaranya, Kecamatan Baros, Sukaraja, Lembursitu, Cibereum. “Sebab itu, daerah ini menjadi prioritas dalam patroli malam,” kata Sumarni kepada Radar Sukabumi, Rabu (5/5).

Sumarni menyebutkan, pontensi kerawanan tindakan kejahatan sebenarnya hampir merata berada disetiap kecamatan. Namun yang kerap terjadi, di beberapa kecamatan tersebut. “Karena itu, kami mengantisipasinya dengan tingkatkan patroli sampai ke wilayah RT/RW dan perumahan,” ucapnya.

Dalam mengantisipasi tindakan kejahatan ini, sambung Sumarni, tidak dapat hanya dilakukan pihak kepolisian saja. Tapi, semua elemen harus ikut berperan aktif dalam menjaga kondusifitas lingkungan.

“Giatkan Siskamling, tingkatkan kring serse, aktifkan peran Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) disetiap kelurahan dan desa, salah satunya antisipasi warga yang keluar masuk di wilayah masing-masing,” ujarnya.

Sumarni menghimbau masyarakat agat lebih waspada. Ketika hendak bepergian, harus memastikan keamanan rumahnya masing-masing.

“Selain itu, kami menghimbau agar tidak sembarangan memarkir dan menyimpan barang berharga. Aktifkan Siskamling di lingkungan masing-masing, hubungi petugas segera jika dibutuhkan dan jaga kesehatan dangan disiplin protokol kesehatan,” pungkasnya.

Sebelumnya pun, Polres Sukabumi Kota berhasil meringkus pria berinisial MFM (26) pelaku pencurian dengan pemberatan roda empat yang terjadi di Perum Taman Genting Blok F1 nomor 2 RT3/8, Kelurahan/Kecamatan Baros pada Senin lalu. Penangkapan dilakukan setelah ada laporan dari warga yang menjadi korban pencurian.

“Setelah ada pelaporan, anggota langsung memburu pelaku dan berhasil dibekuk pada Senin sekira pukul 21.30 WIB di Jalan Didi Sukardi,” jelas Sumarni kepada Radar Sukabumi, Selasa (4/5).

Pencurian terjadi bermula saat pelaku tengah bekerja sebagai ojek online menggunakan sepeda motor di Perumahan Taman Genting. Karena mengetahui salah satu rumah tidak ada penghuninya, pelaku langsung melancarkan aksinya dengan merusak gembok gerbang rumah menggunakan obeng.

“Setelah berhasil membuka gerbang rumah, pelaku langsung menjarah rumah korban. Melihat ada kunci kendaraan dan BPKB, pelaku langsung membawa kendaraannya yang tengah terparkir,” ungkapnya.

Kendaraan hasil curian tersebut, sambung Sumarni, dibawa ke tempat kosannya di Jalan Didi Sukardi dekat SMA 1 PGRI dan pelaku langsung kembali ke lokasi rumah korban menggunakan grab untuk kembali mengambil sepeda motornya.

“Setelah mengantar barang curian di kosannya, pelaku langsung kembali untuk mengambil motor miliknya,” ucapnya.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil menyita sejumlah barang bukti diantaranya, satu buah obeng, satu sepeda motor merk Yamaha NMEX, satu kendaraan roda empat Honda Brio dan satu BPKB kendaraan. “Akibat perbuatannya pelaku maksimal diancam 9 tahun penjara. Dan saat ini pelaku ditahan di Polres Sukabumi Kota,” pungkasnya. (bam/t)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *