Besok Hasil Simulasi Pemilihan DPD RI Radar Bogor Group Diumumkan

Simulasi pencoblosan Pemilu 2024 dilakukan serentak di 14 kota dan kabupaten di Jawa Barat.
Simulasi pencoblosan Pemilu 2024 dilakukan serentak di 14 kota dan kabupaten di Jawa Barat.

BOGOR — Sebagai bentuk edukasi dan sosialisasi pemilu, Radar Bogor Group kembali meneruskan tradisi menggelar simulasi pencoblosan. Simulasi pencoblosan Pemilu 2024 dilakukan serentak di 14 kota dan kabupaten di Jawa Barat.

Antara lain: Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Karawang, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Purwakarta, Cianjur, dan Kota Cimahi.

Bacaan Lainnya

Proses simulasi pencoblosan dilaksanakan pada 12 Desember 2023 hingga 15 Desember 2023, dengan menggunakan 25.264 spesimen surat suara.

Perlu diketahui, simulasi pencoblosan telah menjadi agenda rutin Radar Bogor menjelang berlangsungnya pesta demokrasi. Tradisi ini sudah berjalan sejak Pilkada Jabar 2008 silam.

Simulasi pencoblosan merupakan program kerja redaksi Radar Bogor Group untuk mendapatkan ragam gambaran realitas di masyarakat menjelang masa pemilihan.

Mulai dari sejauh mana pemahaman terkait dengan proses pencoblosan, tingkat partisipasi dalam pemilu, hingga dinamika pilihan.

“Khusus untuk area Bogor, simulasi melibatkan puluhan mahasiswa Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Universitas Pakuan (UNPAK), Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor, Institut Ummul-Quro Al-Islami (IUQI) Bogor, Institut Teknologi dan Bisnis Visi Nusantara (ITB Vinus), dan Universitas Nusa Bangsa (UNB),” jelas Pemimpin Redaksi Radar Bogor Ricki Noor.

Para mahasiswa yang tergabung dalam tim simulasi dilengkapi dengan kartu identitas dan surat keterangan. Mereka bergerak ke titik-titik keramaian dengan pengawalan para pewarta Radar Bogor. “Tim menyebar ke titik-titik keramaian seperti pasar tradisional, pusat perbelanjaan, kawasan perkantoran, industri, stasiun hingga terminal. Di daerah pemilihan di setiap kecamatan,” ujar Ricki.

Agar simulasi pencoblosan mendekati kondisi riil pada saat Pemilu 2024, tim juga dilengkapi duplikat kotak suara. Mereka mengajak calon pemilih untuk mencoblos sembari memberi edukasi tentang pelaksanaan Pemilu 2024.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *