BERITA UTAMADinas Pertanian

Awas Serangan Hama

RADARSUKABUMI.com – Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi, Ajat Sudrajat menghimbau kepada petani agar meningkatkan kewaspadaannya di musim hujan. Pasalnya, cuaca ekstrim kali ini menyebabkan tanaman padi berpotensi di serang hama. Sehingga, bisa berdampak terhadap penghasilan petani menjadi menurun.

“Berdasarkan laporan petugas di lapangan, potensi hambatan produksi pertanian padi masih didominasi oleh serangan Organisme Penggangu Tanaman (OPT) jenis hama blas,” jelas Ajat kepada Radar Sukabumi melalui telepon selularnya, kemarin (22/3).

Dampak dari OPT tersebut, tidak sedikit menyebabkan tanaman yang dibudidayakan para petani nyaris mengalami puso atau gagal panen. “Selain hama blas, musim hujan saat ini juga menyebabkan serangan hama jenis lainnya. Seperti hama wereng dan hama tikus,” lanjutnya.

Untuk itu, pada musim hujan saat ini Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi terus melakukan monitoring terhadap OPT. Sebab, hama tersebut sering menyerang padi setelah tanaman padi mulai membentuk anakan bersamaan dengan berkembangnya tunas baru sampai dengan fase berbunga. “Untuk itu, diharapkan petani agar proaktif menyampaikan temuan gangguan OPT atau penyakit tanaman kepada petugas penyuluh pertanian yang ada di setiap kecamatan,” pinta Ajat.

Untuk mengantisipasi serangan OPT, selain harus giat melakukan pemeliharaan tanaman, juga dihimbau agar menanam jenis benih padi yang berkualitas unggul dan tahan terhadap serangan hama.

1 2Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button