Ada Longsor, Wisatawan Geopark Ciletuh Sukabumi Terpaksa Menginap

  • Whatsapp
Proses evakuasi longor yang berdampak pada wisatawan Geopark Ciletuh, Sukabumi

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Sejumlah ruas jalan di Sukabumi tertimbun longsor pada Minggu (16/2).Camat Ciemas AG Sanjaya mengatakan, bencana longsor terjadi di Jalan Loji-Palangpang Ciwaru di Batu Cakup, Puncak Darma, Desa Ciemas, dan Jalan Tamanjaya-Ciwaru di Tanjakan Cipeucang, Desa Mekarsakti.

Hal tersebut menyebabkan ruas jalan tersebut tidak bisa dilintasi kendaraan bermotor sejak Minggu, malam. Dampaknya, sejumlah wisatawan tidak bisa pulang dan pada Ahad malam berada di rumah warga.

Bacaan Lainnya

Selain itu, kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi masih ditutup akibat akses jalan di area wisata itu yang tertimbun material longsor. Hingga Senin ini, petugas gabungan khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi masih berupaya membersihkan jalan dengan alat berat. Dari data yang dihimpun ada sejumlah ruas jalan utama menuju beberapa obyek wisata di wilayah Desa Ciwaru, Ciemas tertimbun tanah longsor.

Sementara banjir akibat luapan Sungai Ciletuh dan Sungai Cimarinjung terjadi di Desa Ciwaru, Mandrajaya, Mekarsaktii, Cibenda, dan Sidamulya. “Dikerahkan dua alat berat untuk membuka akses jalan,” kata Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi, Eka Widiaman.

Menurut dia, proses evakuasi material longsor di jalanan bisa segera dilakukan. Sehingga akses jalan bagi warga maupun pengunjung Geopark bisa normal kembali. Kepala Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPBD) Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna mengaku sudah berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait lainnya untuk mengevakuasi material longsoran yang menutup jalan.

Daeng mengklaim pihaknya juga sedang membuat jembatan darurat agar bisa dilalui kendaraan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *