BERITA UTAMADPRD Kabupaten SukabumiKABUPATEN SUKABUMI

Ada 15 Jalur Evakuasi Tsunami

Dewan Minta Pemkab Sigap Waspadai Bencana

SUKABUMI – Kondisi geologis dan geografis Kabupaten Sukabumi sangat berpotensi bencana gempa. Pasalnya, wilayah seluas di Jawa dan Bali ini, selain terdapat patahan sesar Cimandiri juga terdapat daerah subduksi di laut selatan Jawa Barat.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukamagara mengatakan, daerah Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu daerah yang memiliki tingkat kerawanan bencana yang tinggi.

Sehingga hal tersebut menjadi tantangan untuk seluruh stakehoalder agar lebih sigap lagi dalam penanggulangan bencana. “Bencana alam ini, merupakan peristiwa alam yang belum dapat diprakirakan kejadiannya.

Meski demikian, kami berharap kepada pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi agar terus siaga untuk mengantisipasi segala hal-hal yang tidak diinginkan,” jelas Yudha Sukamagara kepada Radar Sukabumi.

Menurutnya Yudha, kondisi geologis dan geografis Kabupaten Sukabumi sangat berpotensi bencana alam. Diantaranya, tanah longsor, banjir, gempa bumi, tsunami, angin puting beliung dan lainnya. “Untuk itu, kita harus bersiap diri atau siaga dan waspada dalam penanggulangannya,” bebernya.

Untuk itu, ia meminta kepada pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi agar bertindak cepat dalam penanggulangan bencana alam. Seperti melakukan langkah mitigasi untuk pengurangan resiko gempa sejak dini. “Seperti pemahaman dan cara yang harus dilakukan saat gempa harus terus disosialisasikan kepada seluruh warga. Baik itu melalui simulasi, maupun kegiatan bermanfaat lainnya,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Sukabumi, Asep Suherman mengatakan, meskipun sejauh ini Pantai Selatan Sukabumi masih dinyatakan aman, namun hal itu tak membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi tenang.

Pasalnya, beberapa wilayah di garis pantai sepanjang 117 kilometer ini, memiliki tingkat kerawanan tinggi dalam hal evakuasi bencana. Untuk itu, BPBD Kabupaten Sukabumi terus menggencarkan sosialisasi pengurangan resiko bencana dan memfasilitasi desa tangguh bencana.

“Memang baru-baru ini, BMKG pusat telah merelease soal waspada wilayah Selatan Sukabumi perihal status ancaman tsunami dengan ketinggian di atas tiga meter. Meski demikian warga tidak perlu khawatir, tetapi harus meningkatkan kewaspadaannya,” kata Asep.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi melalui BPBD sudah menyediakan jalur evakuasi sepanjang pantai Palabuhanratu sampai pantai Ujung Genteng. “Bila laut Selatan Sukabumi terjadi tsunami, kami sudah persiapkan sekitar 15 jalur evakuasi,” timpalnya.

1 2 3 4Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button