Lahan PTPN Digunakan Bandara

pembangunan Bandar Udara (Bandara) Sukabumi, tepatnya di wilayah Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi dinilai tidak penting.

Menurut Bambang, tidak perlu dikhawatirkan bila pembangunan Bandara ini di atas wilayah yang masuk zona Sesar Cimandiri. Asalkan, desain pembangunannya harus memperhatikan berbagai segala resiko, termasuk gempa.

“Yang terpenting itu mendesain pembangunannya. Jadi nanti prinsif ketahanan gempa harus diperhatikan,” imbuhnya.

Bacaan Lainnya

Soal rencana pembangunan Bandara Sukabumi ini, masih kata Bambang, pemerintah pusat telah mengkoordinasikannya. Hanya saja memang sampai saat ini, BMKG belum terjun ke lapangan untuk melakukan kajian.

“Sampai saat ini belum, tapi nantinya kami pasti akan diminta. Oleh karenanya perlu kami sampaikan, pembangunan Bandara Sukabumi sah-sah saja dibangun di atas Sesar Cimandiri. Yang penting desainnya,” ulasnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika Bandung, Tony Agus Wijaya menambahkan, zona Sesar Cimandiri ini tidak hanya di Sukabumi saja, melainkan juga tersambung sampai ke Sesar Lembang.

“Jadi Sesar Cimandiri ini tersambung ke Sesar Lembang, Bandung. Jadi tidak hanya Sukabumi saja,” timpalnya.

Tony berharap masyarakat supaya mempercayakan kepada pemerintah soal rencana pembanguan Bandara Sukabumi ini. Pasalnya ia meyakini, semua aspek dampak dan akibat serta unsur-unsur lainnya akan diperhatikan.

“Oh jelas, pemerintah tentunya dalam menjalankan program semua aspek akan dipertimbangkan dengan melakukan kajian-kajian. Masyarakat jangan khawatir, percayakan kepada pemerintah,” pungkasnya singkat. (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *