POLITIK

54,7 Persen Pemilih Nonmuslim Dukung PDIP

RADARSUKABUMI.com, Pemilih minoritas dari kalangan nonmuslim di Indonesia mempunyai base sebanyak 15 persen berdasar survei LSI Denny JA.

Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar menyatakan, angka 15 persen termasuk jumlah yang lumayan banyak untuk perebutan sumber dukungan partai politik.

PDI Perjuangan berhasil meraih keunggulan di segmen pemilih minoritas. Menurut Rully, partai besutan Megawati Soekarnoputri, itu meraih 54,7 persen.

Di posisi kedua, Partai Golkar sebanyak 13,5 persen. Di posisi ketiga ada Partai Nasdem 3,5 persen, Partai Gerindra 2,9 persen, dan Partai Demokrat 2,4 persen.

Rully menambahkan, di urutan selanjutnya ada Partai Perindo dengan 1,2 persen, PAN 1,2 persen, Partai Hanura 1,2 persen, PKB 1,2 persen. Partai peserta pemilu lainnya yang meraih di bawah 1 persen adalah Berkarya, Garuda, PSI, PBB, PKPI, PKS, PPP.

Hasil tracking survei per bulan LSI Denny JA selama Agustus 2018 hingga Januari 2019 memperlihatkan PDIP unggul telak sekali di kalangan pemilih minoritas. Lebih dari 50 persen minoritas memilih PDIP.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *