Istana Bolehkan Nelayan Gunakan Cantrang Lagi

JAKARTA – Pemerintah memberikan keputusan spesial untuk nelayan. Yakni, kembali membolehkan nelayan memakai cantrang (jaring raksasa), tanpa batasan waktu yang ditentukan.

Aksi ribuan nelayan ke Istana Negara memprotes kebijakan larangan penggunaan cantrang, kemarin, tidak sia-sia. Pemerintah membolehkan nelayan kembali menggunakan cantrang sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Para nelayan menyambangi Istana sejak pagi hari. Perwakilan mereka diterima langsung Presiden Jokowi. Dalam pertemuan, Presiden didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Bupati Tegal Enthus Susmono dan Plt Wali Kota Tegal Nursoleh. Pertemuan itu sendiri digelar tertutup.

Usai pertemuan, Susi bersama perwakilan nelayan mengu­mumkan langsung hasil dialog kepada para pengunjuk rasa. Susi yang mengenakan blouse merah marun, naik ke atas mobil komando.

Susi mengungkapkan, pen­cabutan larangan mengguna­kan cantrang diikuti sejumlah syarat. Antara lain, tidak boleh menambah jumlah kapal yang menggunakan alat tangkap cantrang.
“Keputusan pertemuan tadi tolong dihormati. Saya tidak mau ada kapal cantrang ilegal, tidak punya ukuran. Kemudian tidak boleh ada kapal tambahan lagi pakai cantrang,” pinta Susi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *