Minum Susu Dua Gelas Penting untuk Kecukupan Gizi Saat Puasa

  • Whatsapp
ILUSTRASI. Minum susu (The List)

RADARSUKABUMI.com – Saat puasa, tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup. Salah satunya adalah asupan protein yang seimbang. Dan tak lupa untuk selalu mencukupi cairan bagi tubuh.

Dalam Live Instagram Hometown Dairy bertema Healthy Ramadan: Nutrisi Seimbang Selama Puasa, dijelaskan tentang cairan, sumber protein, dan serat sangat penting ketika sedang memenuhi nutrisi di bulan puasa. Susu segar pasteurisasi menjadi salah satu alternatif padat gizi untuk membantu memenuhi kebutuhan protein.

Bacaan Lainnya

“Karena kandungan proteinnya dan mikronutriennya dapat membantu menutrisi tubuh selama berpuasa,” kata
Marketing dari Hometown Dairy Anjani Miranti, baru-baru ini.

Ahli Gizi Seala Septiani, S.Gz, M.Gizi mengatakan, pada dasarnya kebutuhan nutrisi antara orang yang berpuasa dan tidak berpuasa tetaplah sama, yaitu kebutuhan gizi seimbang. Prinsip dasar gizi seimbang adalah jenis makanan bervariasi, yang dibarengi jumlah porsi yang cukup. Di dalamnya harus ada sumber karbohidrat kompleks, protein, serta dilengkapi dengan buah dan sayur.

“Tidak hanya variasi, jumlah makanannya juga harus diperhatikan, tidak berlebihan,” ungkapnya.

Seala menambahkan, 2 gelas susu segar sehari dapat membantu mengisi kebutuhan cairan tubuh yaitu minimal 8 gelas sehari pada orang normal. Masih menurut Seala, untuk mengetahui jumlah gizi atau nutrisi seimbang, dapat menggunakan prinsip Isi Piringku. Caranya, makan dalam 1 piring dengan aneka ragam makanan.

Komposisinya satu piring dibagi dua, setengah piring berisi 2/3 karbohidrat kompleks, dan 1/3 lauk pauk dan setengah piring lainnya adalah untuk buah dan sayur mayur. Selain itu, kebutuhan air juga sangat penting, minimal 8 gelas sehari. Namun, di kebutuhan cairan tubuh itu bisa didapat dari berbagai hidangan.

“Hati-hati jika memilih cairan yang tinggi gula. Hal ini penting untuk diperhatikan,” katanya.

Batas maksimal gula, garam dan lemak harian orang normal adalah 4 sendok makan untuk gula, 1 sendok teh garam untuk garam, dan lemak atau minyak adalah 5 sendok makan per hari. Maka dengan begitu puasa akan tetap sehat dengan gizi yang mencukupi. (jpc/izo)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *