Ramadan

Faedah Bulan Ramadan 

Oleh Ketua MUI Kabupaten Sukabumi, KH. A. Komarudin.

Asalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena pada kesempatan yang kesekian kalinya kita dipertemukan lagi dengan bulan ramadhan 1440 H. Sambutlah bulan suci Ramadhan ini dengan lapang dada, penuh kegembiraan.

Perlu di ketahui, bahwa semua firman Allah SWT telah diturunkan pada bulan suci Ramadan. Seperti Allah menurunkan mushab kepada Nabi Ibrahim pada 1 Ramadan, Allah menurunkan Kitab Tauret kepada Nabi Musa pada 6 Ramadan, Kitab Jabur diturunkan kepada Nabi Daud pada 12 Ramadan, Kitab Inzil diturunkan kepada Nabi Isa pada 18 Ramadan dan Allah menurnkan Kitab Al-Quran kepada Nabi Muhammad pada 17 Ramadan malam.

Dalam semua kitab yang diwahyukan oleh Allah kepada para utusannya, hanya kitab suci Al-Quran yang diturunkan pada malam hari. Sebab, kitab injil, tauret, jabur telah diwahyukan kepada para nabil pada siang hari. Selain itu, kitab lain telah Allah turunkan secara sekaligus. Sementara, Kita Al-Quran telah memakan waktu selama 22 tahun 22 bulan 22 hari.

Untuk itu, Kitab Al-Quran merupakan mukjizat Nabi Muhammad SAW yang paling agung dan akan terus nampak hingga akhir zaman. Keberkahannya terus mengalir dan tak akan pernah terputus. Karena, kitab suci Al-Quran akan selalu membimbing seorang muslim menuju kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Selain itu, bagi seseorang yang menjadikannya imam, akan selamat dengan izin Allah, namun bila seseorang menghiraukannya, maka cepat atau lambat kebinasaan akan menghampirinya.

Loading...

Sebab itu, marilah kita sambut bulan Ramadan yang merupakan bulan yang selalu di nanti bagi orang-orang mukmin ini, untuk diisi dengan berbagai kegaitan positif. Seperti, mengaji, dzikir dan ibadah lainnya. Mari kita jalani bulan suci Ramadan ini dengan lapang dada dan penuh keihlasan. Sebab, bulan penuh berkah ini memiliki banyak faedah jika dibandingkan dengan bulan-bulan yang lainnya. Diantaranya, paedah bagi orang yang berpuasa di bulan Ramadan semuanya menjadi pahala mulai dari gerak dan gerik serta tingkah laku yang di ridhoi Allah SWT.

Untuk itu, jika seseorang dalam menjalankan ibadah puasa sesuai dengan aturannya. Maka, seluruh barang yang digunakan oleh tubuh, akan mendoakan kita. Seperti sendal, air wudhu. Bahkan, rumah yang disinggahinya pun ikut mendokan beserta tanahnya.

Demikianlah, faedah sesorang dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. (den/*)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button