Ramadan

4 Manfaat Lidah Buaya untuk Mengatasi Jerawat

RADARSUKABUMI.com – Tanaman lidah buaya atau aloe vera sudah lama dikenal berkhasiat meredakan peradangan kulit, termasuk untuk menghilangkan jerawat. Bakteri penyebab jerawat Propionibacterium acnes hidup di hampir setiap kulit manusia, khususnya di wajah.

Biasanya, bakteri alami lainnya yang ada di kulit menjaga bakteri jerawat tetap terkendali. Namun, akibat berbagai faktor seperti hormon, obat-obatan, dan stres, bakteri berkembang dan jerawat pun bermunculan ke permukaan.

Kandungan Lidah Buaya

Daging lidah buaya mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral, antara lain vitamin A, B12, C, E. Ada pula antioksidan kuat seperti asam folat, kolin, kalsium, dan seng. Kandungan lidah buaya yang kaya akan berbagai jenis vitamin dan mineral inilah yang menjadikan lidah buaya terkenal di dunia kecantikan.

Lidah buaya sering digunakan sebagai kandungan berbagai kosmetik, losion, dan krim kecantikan. Gel bening lidah buaya juga aman untuk diaplikasikan langsung ke kulit. Karena punya efek mendinginkan kulit, lidah buaya sangat baik untuk meredakan peradangan.

Kandungan lidah buaya yang kaya akan vitamin dan mineral membuat tumbuhan ini memiliki banyak khasiat, terutama untuk wajah berjerawat. Beberapa manfaat lidah buaya untuk jerawat, antara lain:

1. Anti Peradangan

Salah satu manfaat lidah buaya pada kulit berjerawat adalah sebagai anti radang. Jerawat terjadi karena proses peradangan. Lidah buaya dapat meredakan peradangan tersebut sehingga mempercepat meredakan jerawat yang merah, menggembung, dan nyeri.

2. Antibakteri

Lidah buaya memiliki efek antibakteri sehingga dapat mencegah bakteri penyebab jerawat. Lidah buaya sudah terbukti aman digunakan sebagai kosmetik dan bahan perawatan wajah. Jadi, tidak usah ragu menggunakan lidah buaya untuk mengatasi wajah berjerawat.

3. Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat lidah buaya untuk jerawat lainnya adalah sebagai penghilang jerawat. Lidah buaya juga mengandung zat yang dapat mempercepat pembentukan kolagen sehingga bisa membantu menghilangkan bekas jerawat dengan lebih baik.

4. Pelembap untuk Wajah Berjerawat

Meskipun wajah berjerawat umumnya berminyak, bukan berarti tidak butuh pelembap. Apalagi, obat jerawat biasanya memiliki efek mengeringkan kulit. Anda dapat menjadikan aloe vera sebagai pilihan pelembap harian karena tidak akan menyumbat pori, sehingga aman untuk wajah berjerawat.(Klikdokter/izo/rs)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button