Pengaruh Instagram Terhadap Perekonomian Influencer Masa Kini

Photo: Art by Laci Jordan

Penulis: Desy Nur Fitriani
Mahasiswi Vokasi Universitas Indonesia,

Saat ini kita telah merasakan banyak kemajuan di negara kita ,hal ini dikarenakan pengaruh globalisasi yang mendorong negara kita untuk selalu berbergerak menghadirkan banyak perubahan dan berinovasi. Perubahan-perubahan itu dapat kita lihat dari perkembangan yang ada. Salah satunya di bidang teknologi. Kemajuan teknologi ini sendiri memberikan dampak positif bagi perekonomian negara kita.

Bacaan Lainnya

Dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini memudahkan semua orang dalam mengakses internet. Selama ini, Internet telah memenuhi segala kebutuhan informasi serta memberikan akses dalam membagi informasi ke semua orang tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu.

Di sisi lain, Internet juga memberikan akses bagi para penggunanya dalam menggunakan platform media sosial. Salah satunya platform media sosial terpopuler saat ini seperti Instagram. Instagram merupakan salah satu platform yang paling sering kita gunakan saat ini. Penggunanya sendiri terdiri dari berbagai macam usia, hal ini dikarenakan kemajuan teknologi yang memudahkan kita dalam mengakses internet.

Instagram pada awalnya merupakan sebuah media sosial yang digunakan masyarakat untuk berkomunikasi dengan cara membagi gambar dan video, kini telah bermultifungsi menjadi sebuah media sosial sekaligus sumber penghasilan bagi profesi Influencer, serta peluang usaha bagi para pelaku usaha. Oleh karena itu, kemajuan teknologi saat ini sangat berdampak pada perekonimian negara kita.

Dunia perekonomian digital yang sedang terjadi di negara kita , menjadikan media sosial sebagai tempat melakukan kegiatan usaha. Hal ini membuat lapangan pekerjaan kini menjadi semakin sempit karena semua pekerjaan dapat dilakukan melalui media online.

Sehingga, tak diperlukan lagi sumber daya dalam jumlah banyak demi melangsungkan kegiatan usaha. Di sisi lain , para pelaku usaha dapat mencari tahu secara langsung bagaimana minat konsumen saat ini melalui media sosial.

Media sosial seperti Instagram sendiri sangat disukai golongan muda saat ini, karena kemudahan dalam penggunaannya serta fitur-fiturnya yang menarik. Tak hanya berkomunikasi, melalui Instagram kita juga bisa mendapatkan banyak informasi lain.

Dari sekian banyaknya pengguna media sosial Instagram, diantaranya ada yang menyebut diri mereka sebagai “Influencer”. Influencer yang kita kenal biasanya adalah pengguna media sosial yang memiliki jumlah followers dan likes yang banyak serta memiliki konten-konten yang menarik .

Kepopuleran yang dimiliki para influencer melalui media sosial Instagram memberikan pengaruh besar pada jumlah penghasilan yang mereka dapatkan. Karena dalam hal ini influencer menjadikan Instagram sebagai lapangan pekerjaan baru bagi mereka.

Melalui Instagram mereka tak hanya mendapatkan penghasilan yang cukup tetapi juga dapat mengasah potensi mereka dalam membuat konten-konten yang menarik.

Berdasarkan data penghasilan Influencer melalui media sosial yang didapatkan dari economist.com tahun 2017, menunjukkan bahwa Influencer media sosial Instagram berhasil mendapatkan penghasilan diatas 7 juta rupiah, yang dimana nilai tersebut telah melampaui standar general salary di Indonesia.

Tak hanya disitu saja, pendapatan ini juga bisa mencapai miliaran rupiah, nilai tersebut disesuaikan dengan banyak followers yang mereka miliki.

Profesi Influencer sangat bergantung dengan platform media sosial, karena melalui media sosial mereka dapat bekerja dimanapun dan kapanpun.

Setiap menitnya mereka bisa menghasilkan uang yang banyak. Kehadiran influencer sendiri dapat mempengaruhi pengguna Instagram lainnya untuk lebih sering menggunakan Instagram.

Hal ini yang membuat Influencer sebagai profesi yang sangat menguntungkan di era perekonomian digital, karena melalui media online mereka dapat menawarkan jasa mereka tanpa harus menjadi karyawan tetap.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *