KPU Kota Sukabumi Matangkan Penggunaan Aplikasi Sidalih

KPU Kota Sukabumi
Foto bersama peserta bimbingan teknis (Bimtek) di KPU Kota Sukabumi.

SUKABUMI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi, menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pemutakhiran data pemilihan dan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) serta Aplikasi E-Coklit dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, Rabu (19/06).

Koordinator Divisi Data dan Informasi pada KPU Kota Sukabumi, Nenda Suhanda mengatakan, bimtek yang digelar di salah satu ruang KPU Kota Sukabumi ini instruksi KPU Provinsi sesuai dengan anggaran yang sudah disampaikan yaitu bimtek penggunaan aplikasi Sidalih, bagi seluruh Operator PPK se Kota Sukabumi.

Bacaan Lainnya

“Narasumber pada kesempatan siang ini dari Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu), lalu dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil, dan dari eks komisioner KPU Kota Sukabumi yang dalam hal ini divisi data informasi,” ujar Nenda Suhanda kepada radar sukabumi.

Lanjut Nenda, eks komisioner ini yang telah melaksanakan tugas tugas pemuktahiran data pemilih pada periode sebelumnya, sehingga ada gambaran bagaimana kerja kerja pemuktahiran ini bisa diaplikasikan pada pelaksanaan Pilkada tahun ini.

“Dalam bimtek ini kami lebih menekankan pada bagaimana nanti mengantisipasi proses proses pemuktahiran data pemilih pasca dilakukan coklit,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Nenda mereview data aplikasi data pemilih itu sendiri kesiapan aplikasi sidalih dibandingkan dengan pelaksanaan pemilu kemarin. Apakah ada down dari sisi server atau ada peningkatan dari kinerja aplikasi itu sendiri.

“Alhamdulillah, kendala tidak ada masih aman sebagaimana sudah dalam pemilu kemarin itu masih cukup aman, mulai server, kinerja, aplikasi, keamanan berjalan dengan baik dan lancar,” tandasnya. (ris)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *